Pondok Pesantren Darul Qur'an Wal-Hadits Martapura OKU

Ponpes DQH Pabrik Pencetak Hafizh Qur’an?

pencetak hafizh

“Pabrik Pencetak Hafizh Qur’an.” Mungkin julukan ini layak disematkan kepada salah satu pondok pesantren di OKU Timur ini. Bagaimana tidak, Pondok Pesantren yang berdiri 5 tahun silam ini telah banyak melahirkan para penghafal Al-Qur’an. Tidak tanggung-tanggung, tidak sedikit santri di ponpes ini yang hafal 30 Juz Al-Qur’an, Alhamdulillah. Pondok Pesantren itu adalah Pondok Pesantren Darul Qur’an wal Hadits OKU Timur.
Pertanyaannya adalah, kok bisa ponpes yang berada di bawah yayasan Kunci Kebaikan yang beralamatkan di desa Peracak Kecamatan Bunga Mayang Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur itu mencetak banyak para penghafal Al-Qur’an, bahkan 30 juz?
Tentu saja bisa. Karena Pondok Pesantren Darul Qur’an wal Hadits OKU Timur memiliki para pengajar yang kompeten di bidangnya. Para pengajarnya adalah lulusan dari Universitas Islam Madinah maupun Universitas Islam di dalam negeri lainya.

pencetak hafizh
Selain itu, Ponpes Darul Qur’an wal Hadits OKU Timur tidak henti-hentinya memberikan apresiasi kepada para santri yang tergabung dalam Hamalah Al-Qur’an sebutan untuk program penghafal Al-Qur’an yang merupakan salah satu program unggulan di Ponpes Darul Qur’an wal Hadits OKU Timur itu. Selain uang saku yang rutin diberikan setiap bulan, laundry pakaian gratis, makan-makan di luar pondok serta tentu saja rihlah atau jalan-jalan ke tempat wisata.
Hamalah Qur’an on the Trip misalnya, kegiatan yang dilaksanakan pada hari kamis tanggal 09 Februari 2023 mulai pukul 08.00 sampai dengan 17.00 yang lalu. Para santri berkunjung ke tempat wisata di daerah Baturaja. Kegiatan ini diadakan sebagai bentuk apresiasi kepada para santri penghafal Al-Qur’an, agar lebih bersemangat lagi dalam menghafal dan memuroja’ah.

pencetak hafizh
Tepat sasaran! Ya, manfaat dari kegiatan ini benar-benar jelas terasa bagi para santri. Para santri langsung bertambah semangat untuk terus menghafal dan memuroja’ah. Retiana salah satunya. Santri IDAMA 3 itu sangat merasakan jika semangatnya meningkat drastis semenjak mengikuti kegiatan-kegiatan yang diberikan oleh Ponpes.

“Acara kemarin sangat berkesan, sangat seru, selain bisa mengunjungi beberapa destinasi wisata, kami juga bisa bersosialisasi dengan masyarakat secara nyata dan juga saling meningkatkan ukhwah Islamiyyah sesama para penghafal Al-Qur’an. Saya sendiri sangat merasakan dampaknya, saya akan lebih bersemangat lagi dalam menghafal kitabullah. Dan menurut yang saya saksikan, teman-teman juga sangat senang dan sangat terasa jika semangat mereka meningkat pesat.” Ujar santri yang hafal 30 juz dan 579 hadist itu.

pencetak hafizh
“Menjadi penghafal Al-Qur’an adalah pilihan saya. Saya berharap dengan jalan ini saya mampu meraih surga dan ridha-Nya. Alhamdulillah untuk acara ini saya sangat senang, karena saya bisa menyaksikan banyak karya seni. Wajah-wajah bahagia terlihat dan ini memberikan keyakinan kepada saya bahwa setiap perjuangan akan indah pada waktunya.” Ucap Aisyah santri Tsanawiyah kelas 1.
Kegiatan seperti ini akan terus diadakan. Karena sangat bagus untuk meningkatkan dan membangun semangat para santri penghafal Al-Qur’an. Hal ini disampaikan oleh Ustadzah Ayesa Ummu Unaisah yang merupakan penanggung jawab kegiatan Hamalah Al-Qur’an Putri di Ponpes Darul Qur’an wal Hadist OKU Timur ini.
“Kegiatan ini sangat bagus dan bermanfaat untuk membangun kembali semangat santriwati dalam menghafal Al-Qur’an, semoga kedepanya kami bisa lebih baik lagi dalam menjalankan amanah yang sudah diberikan kepada kami.” Ustadzah Ayesa mengungkapkan.

Penulis: Yahya Hendri

Baca juga artikel:

Cara Meraih Cinta Allah

Apakah Kita Termasuk Golongan Itu?

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.