Pondok Pesantren Darul Qur'an Wal-Hadits Martapura OKU

PONDOK PESANTREN PENCETAK HAFIZH QUR’AN DAN HADITS

PONPES PENCETAK HAFIZH QUR'AN DAN HADITS

Pondok Pesantren Darul Qur’an wal Hadist OKU Timur adalah salah satu Pondok Pesantren pencetak generasi hafizh Al-qur’an dan penghafal Hadist. Para santri benar-benar dibina sedemikian rupa sehingga atas izin Allah mampu menghafal Al-Qur’an dan Hadits Rasulullah shallallahu alaihi wassalam.

Salah satu santri yang mampu menghafal Al-qur’an sebanyak 30 juz adalah Vicky Oktavia (Hafshah) yang merupakan santri Pondok Pesantren Darul Qur’an wal Hadist OKU Timur kelas III IDAMA atau setingkat SMA. Santriwati yang Lahir di Batam, 10 Juli 2003 yang lalu ini merupakan putri dari seorang ayah yang bernama Taufik Hidayat dan seorang ibu yang bernama Siti Baliyah Tusadiyah. Vicky Oktavia ini akhirnya menyelesaikan hafalan Al-Qur’an sebanyak 30 Juz pada tanggal 19 Oktober 2021.

“Masya Allah, Walhamdulillah. Pada tangal 12 Rabiul Awwal 1443 Hijriyyah bertepatan dengan tanggal 19 Oktober 2021 santriwati atas nama Vicky Oktavia (Hafshah) kelas  IDAMA III telah menyelesaikan setoran terakhirnya di Q.S. Ghafir juz yang ke-24. Dengan demikian beliau telah menyelesaikan hafalanya sebanyak 30 juz. Program selanjutnya adalah pemutqinan, 6 juz sekali duduk sebanyak 5 tahap, kemudian 10 juz sekali duduk sebanyak 3 tahap dan 30 juz sekali duduk.” Ustadz Said Yai Ardiansyah, L.C., M.A mengumumkan melalui pesan yang di share via Telegram 19/10/2021.

Tidak hanya hafal 30 Juz Al-Qur’an, namun Vicky Oktavia atau sering dipanggil Hafshah ini juga telah mampu menghafal 783 Hadist atas izin Allah subhanahu wata ‘ala. Hal ini karena Allah memberikan semangat menghafal yang tinggi kepada Vicky untuk terus menghafal dan belajar Agama Islam. Hal ini senada dengan komentar dari Ustadzah Ayesa Ummu Unaisah yang merupakan pengampu hafalan dari Vicky Oktavia.

“Tentunya karena Hafshah semangat dan rajin dalam mengahafal Al-Quran dan juga punya keinginan yang sangat tinggi untuk menyelesaikan hafalan Al-Qurannya. Alhamdulillah biidznillah hafalannya selesai tentunya dengan proses dan perjuangan yang tidak mudah.” Ujar Ustadzah Ayesa Ummu Unaisah saat dimintai keterangan (28/8/2021).

“Sebisa mungkin berusaha mencapai target harian seperti murojaah, tasmi, dan itqon, bahkan melebihi target, terutama dalam menambah hafalan barunya.” Ustadzah Ayesa menambahkan.

PONPES PENCETAK HAFIZH QUR'AN DAN HADITS

Sementara Febri Aditya Maulana (Yazid) yang merupakan adik kandung dari Vicky Oktavia juga sudah hafal cukup banyak Surat Al-Qur’an. Yazid yang merupakan santri Tsanawiyyah kelas 1 telah mampu menghafal 14 juz Al-Qur’an dan 640an Hadits. Yazid sangat bersyukur dan bangga dengan pencapaian sang kakak.

“Alhamdulillah saya senang sekali atas keberhasilan kakak saya yang sudah hafal 30 juz, semoga saya dalam waktu dekat ini bisa menyusul seperti kakak saya. Semoga kami bisa menjaga niat kami agar Allah beri ganjaran surganya. Semoga kami bisa masuk surga tanpa hisab dan tanpa azab bersama orang tua kami dan keluarga, aamiin.” Ujar Yazid dengan penuh keharuan.

Tidak hanya itu, Santri Pondok Pesantren Darul Qur’an wal Hadits yang lainya yang telah banyak menghafal Al-Qur’an dan Hadist adalah Agif Marcel De Capri (IDM III) telah menghafal 19 juz, Alam Ramadhan (Kelas 1 TSN) telah hafal 10 juz, Abdullah (kelas 1 IL) sebanyak 17 juz, M. Feri Fadli (Kelas 1 TSN) 14 juz, dari MTW 3 (setingkat SMP) adalah Muhammad Anandika Putra Wiratama yang telah hafal 14 juz Al-Qur’an dan 442 Hadist, dan santri lainya dengan hafalan Al-qur’an rata-rata 9 juz dan 400an Hadits.

Semoga Pondok Pesantren Darul Qur’an wal Hadist OKU Timur semakin banyak mencetak generasi Islami penghafal Al-Qur’an dan Hadits serta mampu mengamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Semoga semakin banyak orang yang mengamalkan Islam berdasarkan Al-Qur’an dan Sunnah ala fahmi salaf.

 

Penulis : Hendri Yansa, S.Pd

Baca juga artikel:

Kesetaraan dalam Pernikahan

Muhadarah Bahasa Arab Santri

Be the first to comment

Ajukan Pertanyaan atau Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.