Pondok Pesantren Darul Qur'an Wal-Hadits Martapura OKU

KAJIAN RUTIN BERSAMA MUDIR

Kajian Bersama Mudir

Pondok Pesantren Darul Qur’an Wal Hadits OKU Timur mengadakan kajian rutin bersama Ustadz Said Yai Ardiansyah L.C., M.A yang merupakan mudir Pondok Pesantren Darul Qur’an wal Hadits OKU Timur. Kajian ini rutin dilaksanakan setiap hari selasa malam pukul 20.00 WIB ba’da Isya sampai dengan pukul 21.15 WIB di Masjid Abi Bakar As-Siddiq Pondok Pesantren Darul Quran Wal Hadits OKU Timur.

Tidak hanya untuk para santri, kegiatan ini juga untuk memperdalam ilmu agama bagi para pegawai dan warga.  Dengan adanya kajian rutin ini, bisa menjadi pengingat atau nasihat bagi para santri, pegawai dan juga masyarakat.

Karena Rasullullah bersabda:

عَنْ أَبِي رُقَيَّةَ تَمِيْم الدَّارِي رَضِيَ اللهُ عَنْهُ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ :الدِّيْنُ النَّصِيْحَةُ . قُلْنَا لِمَنْ ؟ قَالَ : لِلَّهِ وَلِكِتَابِهِ وَلِرَسُوْلِهِ وَلأَئِمَّةِ الْمُسْلِمِيْنَ وَعَامَّتِهِمْ .رواه ومسلم

Dari Tamim Ad Dariy, Rasulullah . bersabda: “Agama itu ialah nasihat.” Kamipun bertanya: “Nasihat bagi siapa, ya Rasulullah?” Jawab beliau, “Untuk Allah, untuk KitabNya, untuk RasulNya, bagi para pemimpin kaum muslimin, dan seluruh kaum muslimin.”

Kajian

Untuk memperluas dan memperdalam ilmu Agama Islam, kajian ini tidak hanya bisa diikuti secara offline namun juga bisa diikuti secara online. Hal ini dijelaskan oleh Ustadz Anas Arlaya yang merupakan salah satu tim media Pondok Pesantren Darul Qur’an wal Hadist OKU Timur.

”Kajian ini tidak hanya bisa bergabung secara ofline akan tetapi bisa juga secara online, kini sudah ada live streaming dari youtube yang channelnya kunci kebaikan TV, dengan itu kalian bisa bergabung walaupun tidak datang langsung ke Masjid Abi Bakar As-Siddiq,” Ustadz Arlaya menjelaskan.

Ferry (Hammad) yang merupakan santri dari Pondok Pesantren Darul Qur’an wal Hadits OKU Timur kelas 1 IDM menyatakan bahwa sungguh penting bagi para penuntut ilmu untuk mendatangi kajian-kajian Islam.

“Janganlah kalian lewatkan kajian-kajian ini karena kajian ini sangatlah bermanfat untuk kita yang bisa menambah pemahaman dan wawasan ilmu Agama Islam. Selain itu dengan adanya kajian ini maka kita selalu di charger sehingga bisa istiqomah dijalan Allah.” ungkap Ferry.

KAJIAN

Kajian ini diawali dengan tausiyah dari mudir Pondok Pesantren Darul Qur’an wal Hadits OKU Timur yaitu Ustadz Said Yai Ardiansyah, L.C., M.A atau Ustadz yang ditunjuk untuk menggantikan beliau. Kemudain setelah pemafaran ceramah sang mudir, kajian dilanjutkan dengan seksi tanya jawab. Hal ini sangat penting untuk membantu kita untuk memahami  apa yang belum kita pahami atau bahkan mau bertanya tentang hal-hal yang membutuhkan bimbingan sang ustadz.

“saya sangat senang hadir dalam majelis ilmu/kajian ini karena kajian ini sangat membantu saya apabila saya belum paham dengan materi yang disampaikan, jadi bisa langsung menanyakan langsung kepada ustadz”, komentar Elgan Dito yang merupakan salah satu santri IL/IDM 1.

Semoga kajian ini bisa terus terlaksana dan kajian ini bisa terus membimbing kaum muslimin sehingga menjadi muslim yang berilmu, beriman dan bertaqwa kepada Allah subhanahu wata’ala.

 

Baca juga artikel:

Pondok Pesantren Pencetak Hafizh Qur’an

Sunah-Sunnah Setelah Kematian

Be the first to comment

Ajukan Pertanyaan atau Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.