Pondok Pesantren Darul Qur'an Wal-Hadits Martapura OKU

Asah Hafalan Santri, Ponpes DQH adakan Musabaqah Al-Qur’an Cabang 15 Juz

musabaqah hafalan Al-Qur'an dan Hadits

Asah Hafalan Santri, Ponpes DQH adakan Musabaqah Al-Qur’an Cabang 15 Juz – Pondok Pesantren Darul Qur’an wal Hadits OKU Timur, adalah salah satu pondok pesantren yang berada di Desa Peracak Kecamatan Bunga Mayang Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur ini, adalah Pondok Pesantren yang bergerak di bidang Pendidikan Agama Islam yang memiliki visi mencetak kader ulama dan pengusaha muslim yang berdasarkan Al-Qur’an dan Hadits di atas pemahaman para sahabat Rasulullahi Shallallahu alaihi wasallam.

Di Pondok Pesantren Darul Qur’an wal Hadits OKU Timur ini, para santri diberikan Pendidikan yang menitik beratkan kepada penguasaan modal dari menjadi seorang da’i yaitu Al-Qur’an dan Hadits nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam.

musabaqah Al-Qur'an dan Hadits

Untuk meningkatkan motivasi para santri dan juga sekaligus mengukur sejauh mana kemampuan santri dalam menghafal Al-Qur’an dan Hadits, Ponpes Darul Qur’an wal Hadits OKU Timur mengadakan kegiatan Musabaqah Al-qur’an yang dilaksanakan pada hari selasa tanggal 06 Desember 2022 dimulai pukul 08.30 di Masjid Abu Bakr Asy-Syiddiq. Kegiatan Musabaqah Al-Qur’an ini terdiri atas 3 cabang yaitu cabang 3 juz, 10 juz dan 15 juz.

Kegiatan dilanjutkan dengan Musabaqah Hadits yang dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 07 Desember 2022 dimulai pada jam 08.50 di Masjid Abu Bakr Asy-Syiddiq Pondok Pesantren Darul Qur’an wal Hadits OKU Timur. Pada Musabaqah Hadits ini terdiri atas dua cabang yaitu cabang 100 Hadits Pilihan yang disusun oleh Pimpinan Pondok Pesantren Darul Qur’an wal Hadits OKU Timur Ustadz Said Yai Ardiansyah, L.C., M.A, dan juga Cabang Arbain Nawawi.

musabaqah Al-Qur'an dan Hadits

Para santri sangat antusias dengan kegiatan ini. terlihat para santri benar-benar bersemangat dan hampir sempurna dalam menjawab soal-soal yang diberikan. Terlihat jelas para santri telah mempersiapkan diri sebelum kegiatan musabaqah ini dilaksanakan. Hal ini disampaikan oleh Ustadz Imam Shofiyurahman. Menurut Ustadz Imam, para santri peserta Musabaqah layak mendapatkan penghargaan atas usaha dan prestasi mereka saat mengikuti musabaqah.

“Maasya Allah, peserta lomba Musabaqah Al-Qur’an dan Hadits Darul Qur’an wal Hadits OKU Timur pada semester ini cukup membanggakan. Para peserta lomba musabaqah layak untuk medapatkan poin penghargaan dan juga pengguguran poin pelanggaran.” Ujar Ustadz Imam yang merupakan salah satu juri (06/12/2022).

Semangat dan antusiasnya para peserta lomba Musabaqah Al-Qur’an dan Hadits di Pondok Pesantren Darul Qur’an wal Hadits OKU Timur ini bukan hanya pandangan para ustadz saja, namun benar-benar adanya. Syamil misalnya. Salah satu peserta lomba MHQH DQH cabang 15 juz ini mengungkapkan perasaan senang karena berhasil mengikuti lomba dengan baik dan hasil yang memuaskan.

musabaqah Al-Qur'an dan Hadits

“Alhamdulillah, saya diberikan kemudahan oleh Allah untuk mengikuti MHQH DQH cabang 15 juz, sehingga saya berhasil menjadi juaranya. Saya sangat bersemangat dan akan terus mengembangkan diri, saya harap di musabaqah selanjutnya bisa mengikuti cabang 30 Juz.” Ujar Syamil

Semoga Musabaqah Al-Qur’an dan Hadits Darul Qur’an wal Hadits OKU Timur akan terus diadakan karena tidak bisa dipungkiri kegiatan seperti ini cukup signifikan dalam meningkakan motivasi para santri untuk terus menghafal dan meroja’ah.

 

BACA JUGA :

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.