Pondok Pesantren Darul Qur'an Wal-Hadits Martapura OKU

SIAPKAN SDM YANG BERKUALITAS, PONPES DQH RUTINKAN DAURAH ISLMIYAH

DAURAH ISLAMIYAH DI DQH

Pondok Pesantren Darul Qur’an wal Hadist OKU Timur menyelenggarakan kegiatan Daurah Islamiyah santri pada hari jum’at tanggal 24 Desember 2021 mulai dari jam 07.30 sampai dengan 11.15. Pada kegiatan daurah Islamiyah ini, para santri belajar tentang cara beribadah yang sesuai dengan tuntunan nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassalam mulai dari materi sekaligus praktik ibadah secara langsung yang terdiri atas praktik wudhu, praktik sholat dan pengurusan jenazah.

Daurah Islamiyah diawali dengan praktik berwudhu secara langsung yang di bimbing oleh Ustadz Didi, Ustadz Naufal, Ustadz Ari, Ustadz Sahl dan Ustadz Husein. Kemudian dilanjutkan dengan praktik sholat yang dibimbing oleh ustadz Imam, Ustadz Naufal, Ustadz Ari, Ustadz Apri, Ustadz Lilik dan Ustadz Jupri. Daurah Islamiyah Santri Pondok Pesantren Darul Qur’an wal Hadist OKU Timur ini diakhiri dengan praktik pengurusan jenazah mulai dari memandikan dan sholat mayit yang dibimbing oleh ustadz Lilik dan Ustadz Apriyanto.

Adapun tujuan dari kegiatan ini adalah memungkinkan para santri untuk melihat, mengamati, dan memperaktikan secara langsung tata cara beribadah seperti berwudhu, sholat, memandikan jenazah, mengkafani jenazah, serta menyolatkan jenazah sesuai dengan yang diajarkan oleh nabi Muhammad shalallahu alaihi wassalam.

DAURAH ISLAMIYAH DI DQH

Hal ini sesuai dengan yang disampaikan oleh Ustadz Imam Syofiyurrohman yang merupakan ketua seksi Pendidikan Pondok Pesantren Darul Qur’an wal Hadist OKU Timur sekaligus penanggung jawab kegiatan Daurah Islamiyah ini.

“Alhamdulillah kegiatan Daurah Islamiyah hari Jum’at, 24 Desember 2021 telah selesai, kegiatan ini berjalan lancar atas kerjasama semua pihak dan kami ucapkan jazakumullahu khoiron. Kegiatan Daurah Islamiyah kali ini adalah pelatihan praktik secara langsung mulai dari praktik wudhu sesuai sunnah, praktik shalat secara sunnah, praktik memandikan, mengkafani dan menyolatkan mayat sesuai dengan tuntunan sunnah Nabi Shalallahu’alaihi wasallam. Kegiatan ini di ikuti oleh seluruh santriwan dan santriwati DQH dipandu langsung oleh dewan asatidz dan asatidzah yang insyaallah berkompeten di bidangnya.” Ustadz Imam Memaparkan (24/12/2021).

DAURAH ISLAMIYAH DI DQH

“Kegiatan ini juga bertujuan untuk menyiapkan SDM yang siap tampil di masyarakat dalam mengajarkan dan mempraktikan cara beribadah yang benar sesuai dengan sunnah nabi Shalallahu’alaihi wasallam. Di antaranya cara wudhu, shalat, dan mengurus jenazah secara benar. Agar mereka kelak mampu mengajarkan mulai dari keluarga dekat maupun masyarakat secara umum.” Tambah Ustadz Imam.

Ustadz Apriyanto, salah satu ustadz yang membimbing para santri pada kegiatan Daurah Islamiyah ini menyatakan bersyukur dengan terlaksanaya kegiatan daurah ini. Beliau juga senang karena para santri sangat antusias mengikuti dan sangat semangat dalam mempraktikan.

“Alhamdulillah, para santri terlihat sangat semangat dan antusias, mulai dari memperhatikan penjelasan dari para ustadz bahkan langsung mempraktikan secara langsung. Kita berharap untuk di kesempatan yang akan datang kita akan memasukan materi cara menguburkan mayit mulai dari menggali kubur hingga membuat liang lahat untuk jenazah dan juga manasik haji.” Ujar Ustadz Apriyanto.

DAURAH ISLAMIYAH DI DQH

Rudi Darminza, salah satu santri IDM 3 menyatakan sangat bersyukur dengan diadakannya kegiatan Daurah Islamiyah ini. Bahkan berharap kegiatan seperti ini rutin dilaksanakan agar tidak hanya mendapatkan materi di dalam kelas.

“Alhamdulillah, saya sangat senang dengan adanya kegiatan Daurah Islamiyah ini, karena dengan adanya kegaiatan seperti ini, kami para santri langsung mempraktikan secara langsung bukan hanya sekedar materi. Agar ilmu yang kami dapatkan di dalam kelas bisa semakin kuat dan kami langsung bisa mempraktikan kelak di masyarakat minimal di keluarga kami sendiri. Saya berharap kegiatan ini rutin dilaksanakan.” Ujar Rudi.

Semoga Pondok Pesantren Darul Qur’an dan Hadits OKU Timur semakin istiqomah dalam memberikan pendidikan bagi umat Islam sehingga semakin banyak umat Islam yang memahami dan menjalankan Islam berdasarkan Al-Qur’an dan Hadist ala fahmi salaf.

Baca jug artikel:

Ponpes No Ikhtilath

Ponpes Anti Bullying

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.