Pondok Pesantren Darul Qur'an Wal-Hadits Martapura OKU

RUTINKAN EKSKUL BENGKEL LAS, PERKAYA HARD SKILL SANTRI

EKSKUL BENGKEL LAS

RUTINKAN EKSKUL BENGKEL LAS, PERKAYA HARD SKILL SANTRI-Pondok Pesantren Darul Qur’an wal Hadist OKU Timur tidak henti-hentinya berinovasi untuk meningkatkan kemampuan hard skill para santrinya. Salah satunya adalah dengan menggiatkan kegiatan Ekstrakurikuler Bengkel Las bagi para santri. Melalui kegiatan ekskul bengkel las ini, akan memberikan kesempatan para santri untuk mempelajari dan menguasai tekhnik-tekhnik dasar las yang bisa berguna untuk masa depan para santri.

Dalam kegiatan ekstrakurikuler bengkel las di Pondok Pesantren Darul Qur’an wal Hadist OKU Timur ini, para santri belajar dan sekaligus mempraktekan tekhnik-tekhnik dasar las, pengecatan dan pemotongan. Kemudian para santri juga diperkenalkan tentang nama-nama alat dan untuk digunakan serta bagaimana menggunakanya untuk dikembangkan oleh para santri.

Menurut Ustadz Anggi yang merupakan pegawai Sarpras Pondok Pesantren Darul Qur’an wal Hadist OKU Timur sekaligus pembina dan pelatih ekskul bengkel las, ekskul bengkel las ini cukup diminati oleh para santri, bahkan para santri yang menjadi peserta ekskul bengkel las terlihat sangat antusias dan dan sangat cepat dalam memahami dan mempraktekan materi yang di sampaikan.

EKSKUL BENGKEL LAS

“Ya, Alhamdulillah anak-anak terlihat sangat semangat dan antusias dalam mengikuti ekskul bengkel las, terlihat dari bagaimana anak-anak menyiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan dan mereka mengamati dengan seksama materi yang disampaikan, dan dengan antusias mempraktekan tugas yang diberikan pelatih.” Ustadz Anggi menerangkan (03/03/2022).

“Alhamdulillah pada tahun pelajaran 2021/2022 ini, para santri yang tergabung dalam ekskul bengkel las ditargetkan untuk membuat tralis parit masjid, ranjang tingkat santri, tralis jendela dan pintu kantor dan berbagai produk lainya yang terbuat dari besi.” Imbuh Ustadz Anggi.

EKSKUL BENGKEL LAS

Prabowo, salah satu santri peserta ekskul bengkel las sangat senang dan semangat dalam mengikuti ekskul bengkel las. Prabowo menganggap bahwa ini adalah kesempatan berharga yang tidak boleh disia-siakan. Bahkan Prabowo selalu datang lebih awal bahkan 30 menit lebih dari jadwal yang telah ditetapkan.

“Kalo saya ya, sangat senang sekali dengan mengikuti kegiatan ekskul bengkel las ini. Ini adalah peluang yang sangat baik untuk saya bisa mendapatkan skill yang bisa saya gunakan di masa depan. Bahkan saya sudah siap-siap di lokasi praktek 30 menit sebelum jadwal. Saya tidak ingin ada materi yang terlewatkan.” Tutur Prabowo (04/03/2022).

Dandi yang juga merupakan peserta ekskul bengkel las di Pondok Pesantren Darul Qur’an wal Hadist OKU Timur, juga menyampaikan betapa antusiasnya mengikuti kegiatan ekskul ini. Dia bahkan sangat teliti dan benar-benar mempersiapkan segala sesuatu sebelum pelatihan dimulai. Bahkan Dandi sudah mulai mahir dalam mempraktekan setiap materi yang dipelajari.

EKSKUL BENGKEL LAS

“Saya biasanya menyiapkan segala sesuatu seperti alat-alat, perlengkapan keamanan dan peralatan lainya dengan teliti, saya ingin benar-benar mendapatkan hasil dari mengikuti kegiatan ekskul bengkel las ini. Dan Alhamdulillah biidznillah, saya sudah bisa beberapa tekhnik dalam bengkel las. Saya akan terus belajar dan berlatih agar semakin mahir.” Ujar dandi (05/03/2022).

Beraneka ragamnya kegiatan ekstrakurikuler yang beroreantasi pada peningkatan hard skill di Pondok Pesantren Darul Qur’an wal Hadist OKU Timur ini, adalah salah satu bentuk upaya untuk mewujudkan visi Pondok Pesantren yaitu untuk membentuk cikal bakal ulama dan pengusaha muslim.

BACA JUGA:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.