Pondok Pesantren Darul Qur'an Wal-Hadits Martapura OKU

PEMBAGIAN ZAKAT DI PONPES DQH

ZAKAT

PEMBAGIAN ZAKAT DI PONPES DQH – Pondok Pesantren Darul Qur’an wal Hadits OKU Timur Yayasan Kunci Kebaikan adalah Lembaga yang bergerak dalam bidang Pendidikan untuk mencetak cikal bakal da’i dan pengusaha muslim. Namun tidak hanya itu, Pondok Pesantren Darul Qur’an wal Hadits OKU Timur, juga sangat aktif dalam kegiatan sosial kemasyarakatan. Seperti membantu memberikan pendidikan gratis bagi anak yatim dan keluarga kurang mampu, membantu masyarakat saat ada warga yang terkena musibah dan bencana alam, sampai ke pembagian zakat mal dan zakat fitri.

Pondok Pesantren Darul Qur’an wal Hadist OKU Timur juga sangat aktif dalam penyaluran zakat fitri maupun penyaluran zakat mal dan juga pembagian hewan qurban untuk masyarakat.

Pada Ramadhan tahun ini, yang bertepatan dengan tanggal 1 mei 2022, Pondok Pesantren Darul Qur’an wal Hadits OKU Timur menyelenggarakan kegiatan penyaluran zakat fitri dan zakat mal di Masjid Abi Bakr Asyi-Syidiq. Kegiatan ini diikuti oleh para santri dan pegawai sebagai panitia pembagian zakat, serta masyarakat sekitar, sebagai penerima zakat. Kegiatan ini adalah salah satu bentuk wujud pengabdian Pondok Pesantren Darul Qur’an wal Hadist OKU Timur untuk umat Islam, terutama masyarakat sekitar.

ZAKAT

Pada Ramadhan tahun ini, Pondok Pesantren Darul Qur’an wal Hadist OKU Timur diamanahi zakat mal dari 41 Muzakki sebesar Rp 216.512.000,00 yang dibagikan kepada 411 penerima zakat. Sedangkan untuk zakat fitri, dari 577 jiwa yang berzakat, terkumpul 1.522,5 Kg yang dibagikan kepada 117 penerima zakat fitri.

Hal ini sebagaimana yang disampaikan oleh Ustadz Ali Zhufri yang merupakan Seksi Dakwah, Peduli Sesama dan Kewargaan Pondok Pesantren Darul Qur’an wal Hadits OKU Timur sekaligus Ketua Panita Penyaluran Zakat saat dimintai keterangan.

“Alhamdulillah, Pondok Pesantren Darul Qur’an wal Hadist OKU Timur rutin setiap tahun menyalurkan zakat fitri maupun zakat mal untuk masyarakat. Pada Ramadhan tahun ini, Alhamdulillah Pondok Pesantren Darul Qur’an wal Hadits OKU Timur menerima Amanah zakat mal dari 41 Muzakki sebesar Rp. 216.521.000 yang dibagikan kepada 411 orang penerima zakat, sedangkan untuk zakat fitri terkumpul 1.522,5 Kg beras yang dibagikan kepada 117 orang penerima zakat fitri. Insya Allah Pondok Pesantren Darul Qur’an wal Hadits OKU Timur akan terus berusaha menyelenggarakan penyaluran zakat fitri maupun zakat mal setiap tahunya.” Ujar Ustadz Ali Zhufri.

ZAKAT

“Tidak hanya penyaluran zakat fitri dan zakat mal, Pondok Pesantren Darul Qur’an wal Hadits OKU Timur juga dengan rutin menyelenggarakan kegiatan penyaluran bantuan sembako untuk masyarakat kurang mampu.” Ustadz Ali Zhufri menambahkan.

Walapun dengan jumlah yang cukup fantastis, ternyata penyaluran zakat mal tahun ini sedikit menurun dari tahun sebelumnya, hal ini disampaikan oleh Ustadz Riki Ibnu Wazir yang merupakan Bendahara Zakat Fitri dan Zakat Mal Pondok Pesantren Darul Qur’an wal Hadist OKU Timur.

“Sebenarnya jumlah penerimaan zakat mal pada tahun ini agak sedikit menurun bila dibandingkan dengan penerimaan zakat mal pada tahun lalu. Hal ini maklum, keadaan ekonomi masyarakat yang dalam masa pemulihan dari pandemi ini. kita berharap dan berdoa kepada Allah, agar perekonomian semakin membaik sehingga semakin banyak masyarakat yang membayar zakat dan semakin banyak masyarakat yang membutuhkan bisa terbantu dengan menerima zakat mal.” Ujar Ustadz Riki Ibnu Wazir.

ZAKAT

Bersamaan dengan kegiatan penyaluran zakat fitri dan zakat mal, juga diadakan berbuka bersama pegawai dan masyarakat. Kegiatan ini juga dijadikan ajang untuk meningkatkan hubungan yang baik dan erat antara Pondok Pesantren Darul Qur’an wal Hadist OKU Timur dengan masyarakat sekitar. Kegiatan ini bahkan dihadiri langsung oleh Pimpinan Pondok Pesantren dan juga pemerintah setempat.

Pondok Pesantren Darul Qur’an wal Hadits OKU Timur Yayasan Kunci Kebaikan juga insya Allah akan menyelenggarakan pembagian hewan Qur’ban pada hari raya Idul Adha Juli mendatang. Bagi masyarakat yang ingin berqurban bersama Pondok Pesantren Darul Qur’an wal Hadist OKU Timur, bisa menghubungi Ust. Ali Zhufri (Juprianto) http://wa.me/6285840245729 atau Ust. Harits Setiawan http://wa.me/6282266660856.

BACA JUGA:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.