Pondok Pesantren Darul Qur'an Wal-Hadits Martapura OKU

BUKA PUASA SUNNAH BERSAMA DI DQH

berbuka puasa sunnah

Pondok Pesantren Darul Qur’an wal Hadits OKU Timur Yayasan Kunci Kebaikan binaan Ustadz Said Yai Ardiansyah, L.C., M.A mengadakan kegiatan buka puasa sunnah asyura bersama pada hari kamis tanggal 11 Muharram 1443 Hijriyyah bertepatan dengan tanggal 19 Agustus 2021. Kegiatan buka bersama ini dibagi menjadi dua tempat, para santri dan pegawai laki-laki buka bersama di Masjid Abi Bakr Asy-Syiddiq sedangkan santriwati buka bersama di mushola.

Kegiatan ini merupakan salah satu syiar menghidupkan sunnah Nabi Shallallahu alaihi wassalam yaitu puasa sunnah asyura. Pondok Pesantren Darul Qur’an wal Hadits OKU Timur sangat memfasilitasi para santri untuk menjalankan ibadah puasa sunnah, salah satunya adalah puasa sunnah asyura.

Ustadz Said Yai Ardiansyah, L.C., M.A menyampaikan bahwa para santri sangat dianjurkan untuk melaksanakan puasa sunnah. “Para santri silahkan menjalankan ibadah puasa sunnah dengan ikhlas karena Allah, dan Ponpes untuk tanggal 10-11 muharram 1443 Hijriyyah tidak memberikan makan siang.” Ujar Ustadz Said sebagai Mudir di Ponpes Darul Qur’an wal Hadits OKU Timur.

Namun tidak hanya sebatas itu, Ponpes sangat memberikan apresiasi dan penghargaan yang tinggi bagi para santri dan pegawai yang melaksanakan puasa. Untuk memotivasi para santri maka ponpes Darul Qur’an wal Hadits OKU Timur menyelenggarakan buka puasa bersama di Ponpes.

Ponpes Darul Qur’an wal Hadist OKU Timur juga membuka peluang kepada masyarakat untuk ikut serta dalam kegiatan buka bersama. Menimbang sangat besar pahala dari memberi makan orang yang berpuasa, sebagaimana Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

مَنْ فَطَّرَ صَائِمًا كَانَ لَهُ مِثْلُ أَجْرِهِ غَيْرَ أَنَّهُ لاَ يَنْقُصُ مِنْ أَجْرِ الصَّائِمِ شَيْئًا

“Siapa saja yang memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun.” (HR. Tirmidzi:807 dan beliau berkata hadist ini hasan shahih).

Berdasarkan keutamaan yang disampaikan oleh Nabi Shallallahu alaihi wassalam diatas, maka Ponpes Darul Qur’an wal Hadist membuka donasi bagi masyarakat yang ingin ikut menyumbangkan hartanya untuk terlaksananya acara buka bersama.

Abdullah Azzam santri MTW 3 menyampaikan sangat senang dan bersyukur atas kegiatan buka bersama. Azzam menganggap kegiatan buka bersama adalah salah satu penyemangat dalam melaksanakan puasa. “Saya tentunya sangat senang sekali diadakanya kegiatan buka bersama, saya berpuasa karena Allah semata. Namun kegiatan buka bersama cukup membuat saya senang dan semangat dalam melaksanakan puasa.” Komentar Abdullah Azzam.

Semoga Allah memberikan kita hidayah taufiqnya sehingga kita bisa melaksanakan puasa yang wajib dan yang sunnah dengan ikhlas karena Allah subhanahu wata ‘ala dan semoga Allah menerima amal ibadah kita. Aamiin.

Penulis: Yahya Hendri Yansa, S.Pd

Baca juga artikel:

Metode Belajar Penuntut Ilmu

Peringati HUT RI, Ponpes DQH Kibarkan Bendera

Be the first to comment

Ajukan Pertanyaan atau Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.