Pondok Pesantren Darul Qur'an Wal-Hadits Martapura OKU

PENYEMBELIHAN QURBAN DI PONPES AL-QUR’AN WAL HADITS OKU TIMUR

QURBAN

Pondok Pesantren Darul Qur’an wal Hadits OKU Timur Yayasan Kunci Kebaikan binaan Ustadz Said Yai Ardiansyah, L.C., M.A yang beralamatkan di Jl. Tuanku Imam Bonjol, Dusun 2, Kota Baru Selatan, Kecamatan Martapura Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur menyelenggarakan kegiatan penyembelihan hewan qurban pada 11 Dzulhijjah 1442 Hijriyyah bertepatan dengan hari Rabu tanggal 21 Juli 2021 pukul 07.00 sampai dengan pukul 12.30 WIB di lapangan Pondok Pesantren Darul Qur’an wal Hadits OKU Timur.

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka menjalankan salah satu ibadah di bulan Dzulhijjah yaitu berqurban untuk kepentingan agama Allah dan menenangkan jiwa. Sebagaimana dijelaskan dalam sebuah hadits Tirmidzi:

ا عَمِلَ ابْنُ آدَمَ يَوْمَ النَّحْرِ عَمَلاً أَحَبَّ إِلَى اللَّهِ عَزَّ وَجَلَّ مِنْ هِرَاقَةِ دَمٍ وَإِنَّهُ لَيَأْتِى يَوْمَ الْقِيَامَةِ بِقُرُونِهَا وَأَظْلاَفِهَا وَأَشْعَارِهَا وَإِنَّ الدَّمَ لَيَقَعُ مِنَ اللَّهِ عَزَّ وَجَلَّ بِمَكَانٍ قَبْلَ أَنْ يَقَعَ عَلَى الأَرْضِ فَطِيبُوا بِهَا نَفْسًا

Artinya: “Tidak ada amalan yang diperbuat manusia pada Hari Raya Qurban yang lebih dicintai Allah selain menyembelih hewan. Sesungguhnya hewan kurban itu kelak pada hari kiamat akan datang beserta tanduk-tanduknya, bulu-bulu, dan kuku-kukunya. Sesungguhnya sebelum darah qurban itu mengalir ke tanah, pahalanya telah diterima di sisi Allah. Maka tenangkan lah jiwa dengan berqurban.” (HR Tirmidzi).

Pada penyembelihan hewan qurban tahun ini, pondok pesantrem Darul Qur’an wal Hadits menyembelih 4 ekor sapi dan 22 ekor kambing. Panitia penyembelihan hewan qurban terdiri atas para Ustadz, pegawai dan santri serta beberapa warga sekitar.

“Ya, Alhamdulillah pada tahun ini, Ponpes Darul Qur’an wal Hadits OKU Timur menyembelih 4 ekor sapi dan 22 ekor kambing.” Ujar ustadz Ali Jufri yang merupakan ketua panitia penyembelihan qurban. “Daging hewan qurban dibagikan ke warga lingkungan kompleks Pondok Pesantren Darul Qur’an wal Hadits OKU Timur.” Tambahnya.

Farhad Kusuma Dzaki, salah satu santri dan merupakan salah satu panitia qurban menyatakan sangat senang dan antusias dengan diadakan kegiatan penyembelihan hewan qurban ini. “Ya, Saya sangat senang sekali, terlebih saya baru pertama menjadi penitia qurban. Saya sangat senang karena bekerja bersama-sama dan tentu saja saya juga banyak mendapatkan pengalaman dan pelajaran untuk masa depan saya.” Tuturnya.

Ustadz said Yai Ardiansyah, L.C., M.A, pimpinan dari Pondok Pesantren Darul Qur’an wal Hadits OKU Timur menyatakan bersyukur telah terlaksananya penyembelihan hewan qurban, namun tetap harus ditingkatkan lagi untuk tahun depan. “Ini adalah PR bagi kita semua, untuk tahun selanjutnya saya berharap semakin banyak lagi yang diberi hidayah oleh Allah untuk terus berqurban. Dan untuk para ustadz dan pegawai yang ingin berqurban pada tahun selanjutnya sudah difasilitasi dengan adanya tabungan qurban yang dipotong langsung dari gaji setiap bulanya.” Tambah beliau.

Semoga kita semua diberikan rezeki yang melimpah halalan thoyyiban dan Allah berikan hidayah taufiq sehingga kita bisa berqurban setiap tahun ikhlas karena mengharapkan rida Allah subhanahu wata’ala.

Penulis: Yahya Hendri Yansa, S.Pd

 

Baca juga artikel:

Rihlah Santri DQH

Adap Ketika tertimpa Musibah dan Kesedihan

Be the first to comment

Ajukan Pertanyaan atau Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.