Pondok Pesantren Darul Qur'an Wal-Hadits Martapura OKU

BAKAR IKAN MENUMBUHKAN UKHWAH

BAKAR IKAN MENUMBUHKAN UKHUWAH

Pondok Pesantren Darul Qur’an wal Hadits OKU Timur menyelenggarakan acara bakar ikan bersama yang bertepatan pada hari selasa tanggal 7 September 2021 pukul 16.25 WIB sampai dengan pukul 17.30 WIB di teras ruang Tataboga Pondok Pesantren Darul Qur’an wal Hadits OKU Timur. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memberikan hiburan bagi para santri yang tidak BMR atau belajar di rumah secara mandiri.

Berdasarkan Kalender Pendidikan Pondok Pesantren Darul Qur’an wal Hadist OKU Timur tahun pelajaran 2021/2022 yang bertepatan dengan tanggal 5 September 2021 sampai dengan tanggal 11 September 2021 adalah santri dijadwalkan belajar mandiri di rumah (BMR).

Kegiatan bakar ikan bersama ini cukup penting guna memberikan kebahagiaan bagi para santri yang tidak mengamabil BMR. Selain itu, kegiatan ini juga sangat penting untuk meningkatkan hubungan keakraban bagi para santri, baik sesama santri maupun dengan para ustadz dan pegawai.

Sebenarnya jadwal kegiatan bakar ikan bersama ini adalah hari senin tanggal 6 September 2021 yang merupakan hasil dari rapat rutin Pengurus Putra Ponpes Darul Qur’an wal Hadits OKU Timur pada hari kamis tanggal 2 September 2021. Dikarenakan qodarullah pada hari senin yang sudah dijadwalkan turun hujan lebat maka kegiatan diundur menjadi hari selasa. Hal ini diungkapkan oleh Ustadz Muqbil Ganta Saputra Wijaya ketua Seksi Keuangan dan Konsumsi DQH yang sekaligus menjadi penanggung jawab kegiatan bakar ikan santri.

“Sebenarnya kegiatan bakar ikan ini jadwalnya hari senin ya, namun qodarullah turun hujan, jadi kita undur menjadi hari selasa.”  Komentar Ustadz Muqbil saat dimintai klarifikasi pada senin sore.

Walaupun kegiatan bakar ikan bersama diundur dari jadwal yang sudah ditentukan, tidak mengurangi keseruan para santri dan pegawai. Bahkan semakin menambah rasa persaudaraan dan kebersamaan di antara para santri dan pegawai. Hal ini senada dengan komentar Leo Robiansyah salah satu santri yang mengikuti kegiatan ikan bakar bersama.

“Wah seru sekali mengikuti kegiatan ini. Saya bisa bakar ikan dan makan bersama teman-teman dan para ustadz. Selain itu, dengan adanya acara bakar ikan bersama ini saya merasa senang walaupun saya tidak mengambil jadwal BMR.” Komentar Leo

Bayu yang merupakan santri MTW 1 yang juga tidak mengambil jadwal BMR menyatakan senang dan berharap kegiatan seperti ini bisa terus dilaksanakan secara berkelanjutan.

“Saya sangat senang dengan adanya kegiatan seperti ini, saya berharap kegiatan kebersamaan seperti ini bisa terus dilaksanakan.” Ujar Bayu.

Semoga kegiatan-kegiatan yang bermanfaat yang memupuk persaudaraan bisa terus ditingkatkan dan Pondok Pesantren Darul Qur’an wal Hadits OKU Timur bisa terus membimbing generasi muslim sehingga menjadi muslim yang berilmu beriman dan bertaqwa kepada Allah Subhanahu wata ‘ala.

 

Penulis : Hendri Yansa, S.Pd

 

Baca juga artikel:

Pelaksanaan ANBK 2021

Berbagai Macam Air untuk Bersuci

Be the first to comment

Ajukan Pertanyaan atau Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.