Pondok Pesantren Darul Qur'an Wal-Hadits Martapura OKU

SIAP-SIAP KHA, SANTRI DQH JOGING BERSAMA

Santri DQH Joging bersama

Pondok Pesantren Darul Qur’an wal Hadist OKU Timur mengadakan kegiatan Joging Bersama para santri pada hari sabtu tanggal 27 November 2021 jam 07.00 WIB sampai dengan selesai. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka menyambut kegiatan Karantina Hafalan Al-Qur’an (KHA) yang akan dilaksanakan pada tanggal 29 November 2021 sampai dengan tanggal 4 November 2021 sesuai dengan jadwal KHA yang tercantum dalam Kalender Pendidikan Pondok Pesantren Darul Qur’an wal Hadist OKU Timur.

Kegiatan joging bersama ini dimulai dengan pembinaan oleh para ustadz. Kemudian para santri memulai rute dari lapangan futsal Pondok Pesantren Darul Qur’an wal Hadits OKU timur sampai ke Kantor Bupati Kabupaten OKU Timur. Setelah beristirahat sebentar di depan kantor bupati OKU Timur, maka para santri melanjutkan joging untuk kembali lagi ke pondok.

Santri DQH Joging Bersama

Kegiatan ini cukup penting dilaksanakan dalam rangka menjaga kebugaran santri dan kesehatan para santri. Sebagaimana yang disebutkan dalam sebuah hadist Rasulullah ﷺ,

عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : اَلْـمُؤْمِنُ الْقَـوِيُّ خَـيْرٌ وَأَحَبُّ إِلَـى اللهِ مِنَ الْـمُؤْمِنِ الضَّعِيْفِ، وَفِـيْ كُـلٍّ خَـيْـرٌ

Artinya: “Dari Abu Hurairah Radhiyallahu anhu , beliau berkata, Rasûlullâh Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,  Mukmin yang kuat lebih baik dan lebih dicintai Allâh Azza wa Jalla daripada Mukmin yang lemah; dan pada keduanya ada kebaikan.” (Hadits ini shahîh. Diriwayatkan oleh Muslim (no. 2664);  Ahmad (II/366, 370); Ibnu Mâjah (no. 79, 4168); an-Nasâ-i dalam Amalul Yaum wal Lailah (no. 626, 627); at-Thahawi dalam Syarh Musykilil Aatsâr (no. 259, 260, 262); Ibnu Abi Ashim dalam Kitab as-Sunnah (no. 356). )

Selain untuk kebugaran dan kesehatan, kegiatan ini juga sangat penting untuk merefresh para santri agar lebih bersemangat dalam menjalani program rutin sebelum pelaksanaan Penilain Akhir Semester (PAS) yaitu pelaksanaan Karantina Hafalan Al-Qur’an (KHA).

Hal tersebut disampaikan oleh Ustadz Muslihan yang merupakan ustadz yang bertugas dalam pelaksanaan Joging Bersama dan merupakan penanggung jawab hafalan Al-qur’an dan hafalan Hadist santri di Pondok Pesantren Darul Qur’an wal Hadist OKU Timur.

“Yang jelas, kegiatan ini tujuanya adalah menghilangkan kebosanan para santri, baik kebosanan berada di lingkungan pondok maupun kebosanan pada saat belajar di pondok. Selain itu bagi beberapa santri yang kurang suka berolahraga maka di kegiatan ini mereka bisa berolahraga bersama teman-teman. Nah, itulah alasan mengapa kegiatan ini perlu dilaksanakan.” Ungkap Ustadz Muslihan saat dimintai keterangan (02/12/2021).

Santri DQH Joging Bersama

Hasilnya tidak bisa dianggap remeh, terbukti sangat efisien meningkatkan semangat santri. terihat para santri sudah berkumpul di lapangan dan sudah mempersiapkan segala sesuatu yang perlu sesaat setalah dzikir ba’da sholat subuh.

Nabil Zulwagor, yang merupakan salah satu santri yang berhasil finish pertama tiba di pondok. Dia sangat senang dengan adanya kegiatan ini, dan ingin terus menjadi yang tercepat dalam kegiatan joging di semester depan.

”Alhamdulillah, saya sangat senang Allah telah memberikan kekuatan kepada tubuh saya, sehingga saya mampu menjadi orang pertama finish dan tiba di pondok. Semoga saya bisa terus menjadi yang tercepat di kegiatan selanjutnya. Saya jadi tambah semangat dalam belajar.” Ujar Nabil.

Santri DQH Joging Bersama

Hal yang sama juga disampaikan oleh Ahmad Muammar yang berhasil mampu finish di posisi kedua. “Alhamdulillah, saya mengakui kegiatan ini cukup membuat saya bersemangat untuk menjalani program Karantina Hafalan Al-Qur’an senin nanti. Semoga Allah memudahkan saya untuk menghafal dan bertaqwa kepada Allah subhanahu wata’ala.” Ungkap Ahmad Muammar.

Semoga dengan adanya kegiatan semacam ini bia terus miningkatkan semangat para santri dalam berjihad menuntut ilmu syar’i, menghafal Al-Qur’an dan Hadist. Semoga semakin banyak umat Islam yang menjalankan Islam berdasarkan Al-qur’an dan Hadist ala fahmi salaf.

Baca juga artikel:

Makanan Pondok DQH Higienes dan Mewah

Pernikahan adalah Fitrah bagi Manusia

Be the first to comment

Ajukan Pertanyaan atau Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.