EKSKUL GARDENING PERKAYA SKILL SANTRI PONPES DQH

gardening

Pondok Pesantren Darul Qur’an wal Hadits OKU Timur terus berinovasi untuk memberikan Pendidikan yang terbaik untuk para santrinya. Terbukti dengan berneka ragamnya kegiatan ekstrakurikuler santri yang beroreantasi pada peningkatan kemampuan santri, baik dari segi pengetahuan maupun keterampilan. Hal ini sesuai dengan visi dari Pondok Pesantren Darul Qur’an wal Hadist OKU Timur, yaitu Mencetak Cikal Bakal Ulama dan Pengusaha Muslim.

Salah satu kegiatan ekskul santri tersebut adalah Ekstrakurikuler Gardening. Kegiatan Ekskul Gardening adalah salah satu kegiatan di luar kegiatan belajar mengajar yang bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan para santri dalam hal bercocok tanam yang baik dan benar berdasarkan ilmu. Kegiatan ini sangat penting, salain para santri mendapatkan pengetahuan dan keterampilan tentang bagaimana cara bercocok tanam yang baik dan benar, hasil dari kegiatan Ekskul Gardening ini juga bisa dijual.

Hal ini disampaikan oleh Puji Lestari, salah satu santri MTW 2 Pondok Pesantren Darul Qur’an wal Hadist OKU Timur yang juga merupakan salah satu peserta Eksul Gardening. Puji menganggap Ekskul Gardening adalah hal yang menyenangkan dan menguntungkan. Terlebih Puji memang dididik oleh orang tua untuk bertanam di sekitar rumahnya.

“Saya Puji Lestari dari kelas MTW 2, saya sangat antusias diadakan Ekskul Gardening di Ponpes DQH ini. Terlebih lagi saya di rumah diajarkan bercocok tanam oleh orang tua saya, dan untuk teman-teman yang tidak bisa menanam bisa mengambil pelajaran dari kegiatan ini. Saya senang ketika tanaman kami bisa tumbuh dan bisa kami jual dan di sini saya dilatih untuk sabar dalam merawat tanaman-tanaman mulai dari mencangkul menanam bibit dan menyiram serta tekhnik-tekhnik menanam yang lainya.” Ujar Puji.

gardening

Anggapan bahwa kegiatan menanam adalah kegiatan yang membosankan dan menyusahkan adalah hal yang mustahil di Ponpes DQH. Berkat adanya Ekskul Gardening, bercocok tanam adalah hal yang menyenangkan sekaligus menguntungkan. Hal ini disampaikan oleh Raisa Safira kelas MTW 1 yang juga merupakan peserta Ekskul Gardening.

“Alhamdulillah Ekskul Gardening adalah hal yang menyenangkan, karena kegiatan ini kami lakukan bersama-sama, sehingga pekerjaan kami terasa ringan walaupun terkadang ada sebagian tanah di kawasan ini agak keras, namun tidak terasa susah, apalagi sudah mengetahui ilmunya.” Raisa mengungkapkan.

Ustadzah Nensi, yang merupakan Pembina sekaligus Pelatih Ekskul Gardening menyampaikan bahwa kegiatan bercocok tanam tidak hanya sekedar bertanam dan merawat tanaman serta mendapatkan hasilnya, namun dengan bercocok tanam, para santri dididik untuk berusaha dan bersabar serta berfikir tentang ciptaan Allah sang pencipta alam semesta.

“Alhamdulillah, di dalam Ekskul Gardening ini, santriwati bisa bertafakur dengan ciptaan Allah, agar mereka bisa bersabar dalam merawat tanaman mereka agar bisa subur dan menyenangkan ketika mendapatkan hasil yang maksimal, bisa memahami proses penanaman dari biji hingga tumbuh besar. Dari beberapa santriwati yang mengikuti kegiatan ini, ada yang sabar dan menekuni dalam merawat tanamannya, namun ada yang seakan tidak sabar melihat hasilnya. Walaupun seperti itu saya sebagai pelatih terus memotivasi dan membimbing, agar selalu sabar dalam merawat tanamannya seperti mencabut rumput, menyiram, dan tidak lupa untuk selalu berdoa agar tanamnnya dapat tumbuh dan memberi manfaat bagi kami sebagai penanam.” Ustadzah Nensi Menceritakan.

Semoga Allah terus memberiakan kemudahan kepada Pondok Pesantren Darul Qur’an wal Hadist OKU Timur untuk terus memberikan pendidikan yang terbaik agar mencetak para generasi muslim yang berkualitas.

BACA JUGA:

 

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.