Pondok Pesantren Darul Qur'an Wal-Hadits Martapura OKU

Sekolah Membosankan dan Menakutkan, Santri SDI Miftahul Khoir: “NO WAY!”

sdi

SEKOLAH MEMBOSANKAN DAN MENAKUTKAN, SANTRI SDI MIFTAHUL KHOIR: “NO WAY!”- Mencetak Kader Ulama dan Pengusaha Muslim. Benar-benar bukan sekedar jargon belaka bagi Pondok Pesantren Darul Qur’an wal Hadits OKU Timur. Bukan hanya kata-kata yang terpampang di profil sekolah yang bisa di baca oleh setiap orang yang melihatnya. Namun setiap stakeholder Pondok Pesantren Darul Qur’an wal Hadits OKU Timur benar-benar berusaha untuk mewujudkan visi tersebut bahkan sejak dini.

Hal ini terlihat dari diadakannya program kegiatan ekstrakurikuler maupun intrakurikuler yang berorientasi pada kemampuan dan pengetahuan untuk meningkatkan hard skill dan soft skill yang insya Allah bermanfaat untuk masa depan para santri di kemudian hari.

Tidak tanggung-tanggung, kegiatan tersebut dimulai sedini mungkin. Kegiatan kelas 3 SDI Miftahul Khoir ini misalnya. Kegiatan belajar mengajar yang tidak sedikit dianggap membosankan bagi para siswa, namun tidak terlihat bagi santri kelas 3 SDI Miftahul Khoir Pondok Pesantren Darul Qur’an wal Hadits OKU Timur.

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari Selasa tanggal 25 Oktober 2022 jam ke 1-2 itu, adalah pelajaran Bahasa Indonesia dengan materi apotek hidup. Para santri belajar dan sekaligus mengalami dan melihat secara langsung tentang bagaimana cara menanam dan merawat tanaman-tanaman yang berguna untuk obat-obatan herbal, dan apa saja manfaat tanaman tersebut bagi tubuh dan juga nilai ekonomis yang ada pada tanaman herbal tersebut.

SDI

Tentu ini adalah kegiatan yang sangat menyenangkan bagi santri. Kegiatan belajar sejenis ini akan membuat santri mendapatkan ilmu pengetahuan yang lengket tanpa mereka sadari. Bahkan para santri tidak merasa bosan sedikit pun bahkan sangat menyenangkan. Hal ini disampaikan oleh Anisa salah satu santri kelas 3 di SDI Miftahul Khoir Pondok Pesantren Darul Qur’an wal Hadits OKU Timur.

“Alhamdulillah hari ini kami belajar tentang apotek hidup untuk obat-obatan alami. Saya sangat senang. Ustadzah mengajarnya pun tidak membosankan bahkan sangat menyenangkan. Saya selain belajar mengenai apa saja nama-nama tanaman herbal juga bisa mengetahui apa saja manfaatnya bagi tubuh kita, dan tentunya saya juga bisa mengetahui bagaimana membuat tanaman tersebut tetap hidup. Jika ada yang bilang sekolah itu membosankan maka menurut saya ‘no way!” Ujar Anisa dengan polosnya.

Sedikit berbeda dengan Anisa, Hisyam juga menyatakan kekagumannya terhadap proses pembelajaran yang tengah ia jalani. Hisyam mengira kalo awalnya sekolah itu membosankan, namun ternyata berbanding terbalik dengan apa yang dia pikirkan.

SDI

“Saya sangat senang, jadi tidak terasa belajar. Kegiatan ini sangat menambah pengetahuan saya bahwa di halaman sekolah ternyata bisa dimanfaatkan sebagai tempat belajar. Awalnya saya pikir sekolah hanya tempat belajar, menghafal Al-Qur’an, menghafal Hadits dan ilmu yang lainya, ternyata pekarangan sekolah bisa juga dimanfaatkan untuk kegiatan yang menyenangkan namun bermanfaat luar biasa.” Hisyam menambahkan sambil terheran-heran.

Tanggapan yang positif dari santri bukanlah hal yang kebetulan, karena pembelajaran yang dilaksanakan memang sudah didesain sedemikian rupa agar membentuk peserta didik yang tidak hanya senang di dalam belajar, namun selalu memberikan kerinduan untuk datang ke sekolah lagi dan lagi. Hal ini disampaikan oleh Ustadzah Dea Arista Ummu Kiren yang merupakan guru yang mengajar di kelas 3 SDI Miftahul Khoir.

“Alhamdulillah, setiap tim pengajar berusaha semaksimal mungkin untuk menggunakan strategi dan metode serta pendekatan pembelajaran yang menyenangkan bagi santri, dan juga guna mewujudkan visi dari Pondok Pesantren Darul Qur’an wal Hadits OKU Timur. Misalnya pada hari ini, pembelajaran dilaksanakan guna melatih siswa untuk mencintai alam dengan menjaga dan melestarikan lingkungan dengan menanam dan merawat tanaman khususnya tanaman yang dapat berkhasiat bagi pengobatan.” Ustadzah Dea menceritakan.

SDI Miftahul Khoir Pondok Pesantren Darul Qur’an wal Hadits OKU Timur memberikan kesempatan bagi orang tua yang tertarik untuk mendaftarkan putra-putri mereka untuk tahun pelajaran 2023/2024. Untuk info dan pendaftaran bisa datang langsung ke Pondok Pesantren Darul Qur’an wal Hadits OKU Timur yang beralamatkan di jalan Imam Bonjol, Desa Peracak Kecamatan Bunga Mayang kabupaten OKU Timur.

BACA JUGA:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.