Hadits Palsu Tentang Keutamaan Bulan Safar

Awas Hadits Palsu

Pertanyaan: Afwan Ustadz izin bertanya, saya mendapatkan pesan melalui WA dari seorang teman dengan isi sebagai berikut : “Mulai Malam ini (Ba’da Maghrib sudah masuk 1 Shafar. Rasullullah Bersabda “Barang Siapa Yang Memberitahukan Berita 1 Safar Kepada Yang Lain, Maka Haram Api Neraka Baginya”. Dan tolong baca sebentar aja kita berdzikir mengingat اَللّهُ … “Subhanallah, Walhamdulillah, Walaa ilaaha ilallah, Allahu-Akbar, laa haula wala quwata illa billahil aliyil adzim” Sebarkan!, Anda akan membuat beribu-ribu manusia berzikir kepada Allah SWT. آمِّيْنَ آمِّيْنَ آمِّيْنَ يَا رَبَّ الْعَالَمِينَ ”

Ditanyakan Oleh : Ahmad Adriansyah, Palembang

JAWAB:

Mengenai hadits – hadits yang berkaitan dengan keutamaan dan amalan Bulan SAFAR semuanya tidak ada yang shahih (berdasarkan penelitian para ulama’) bahkan riwayat diatas termasuk palsu.

dinyatakan oleh Al-Imam Al-‘Iroqy rohimahulloh (tentang hadits diatas) sebagai hadits yang maudhu’ (palsu). (lihat Al-Fawa’id Al-Majmu’ah (hal. 438) karya Imam as-Syaukani rohimahulloh, juga kitab Bida’ wa Akhtho’ Tata’allaqu bil Ayyam was Syuhur (hal. 251-252) karya Ahmad as-Sulami).

Syaikh Al-‘Allamah Shiddiq Hasan Khon rohimahulloh berkata : “Saya tidak mendapati adanya hadits-hadits yang shahih tentang keutamaan bulan shafar atau celaan terhadapnya.” (Al-Mau’idzhoh Al-Hasanah, hal. 180)

 

Dijawab Oleh: Ust. Lilik Ibadurrahman, S.Ud

Tanya Jawab ini di ambil dari Group WA  yang dibimbing oleh:
💧Ust. Said Yai, M.A
💧Ust. Lilik Ibadurrahman, S.Ud
💧Dan Asatidz Lainnya

Dengan meng-klik Link Berikut:
👉🏼🖊 Grup WA Khusus Ikhwan (Laki-laki) 2⃣
https://chat.whatsapp.com/AEu93jKRXOy5aIpVnW4UNm

👉🏼🖍 Grup WA Khusus Akhwat (Wanita)
https://chat.whatsapp.com/EkLUnuBKLu644AQDYfKvXT

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*