Pondok Pesantren Darul Qur'an Wal-Hadits Martapura OKU

LOMBA TAHFIDZ PONPES DARUL QUR’AN WAL HADITS OKU TIMUR

lomba tahfidz alquran dan hadits

Untuk memotivasi santri dalam menghafal Al-qur’an dan Hadits, ponpes Darul Qur’an wal Hadits OKU Timur mengadakan lomba Hafalan Al-qur’an dan Hafalan Hadits. Kegiatan ini berlangsung pada hari Rabu tanggal 27 Dzulqa’dah 1442 Hijriyah bertepatan dengan 7 juli 2021 ba’da subuh di Masjid Abi Bakr Ash Siddiq pondok pesantren Darul Qur’an wal Hadits OKU Timur.

Sebagai juri 1, Ustadz Muslihan menyampaikan: “Kegiatan ini bertujuan untuk menguji sejauh mana hafalan Al-qur’an dan hadits santri. Selain itu, untuk meningkatkan motivasi santri untuk terus menghafal dan maroja’ah hafalan.” Tuturnya.

Kegiatan diawali dengan pengarahan dari Ustadz Ari agar santri mengikuti perlombaan dengan baik dan memperhatikan peraturan yang sudah ditentukan oleh para juri.

Sebagai juri 2, Ustadz Imam menyampaikan beberapa aturan yang harus diperhatikan oleh santri selaku peserta. “Jika saya mengetuk microfon 1 kali berarti ada yang salah tajwid dalam hafalan santri, jika saya mengetuk 2 kali berarti salah ayat yang dibacakan, jika saya mengetuk 3 kali soal siap dibacakan, jika saya mengetuk mic 4 kali berarti pembacaan soal telah selesai.” Ujarnya.

Juri memanggil kelompok Abu Bakr ash siddik atas nama Dzaki santri MTW 1 yang menjadi peserta pertama. Juri membacakan potongan ayat Al-qur’an dan santri yang menjadi pesrta melanjutkan ayat selanjutnya.

”Kegiatan ini baru pertama dilaksanakan, dan kegiatan ini sangat menarik dan penting dikarenakan dapat mengevaluasi hafalan kami para santri.” Tutur Sufan Jaya santri IDM 2.

Nur Ikhsan santri IDM 1 menambahkan: “Saya sangat senang dengan adanya kegiatan ini, saya berharap kegiatan seperi ini bisa rutin dilaksanakan secara berkesinambungan.”

Semoga kedepanya para santri lebih semangat lagi dalam menghafal dan memahami Al-qur’an dan Hadits, sehingga perkembangan Islam yang haq berdasarkan Al-qur’an dan Al Hadits ala Fahmi Salaf semakin dikenal dan berkembang pesat.

Penulis: Yahaya Hendri Yansa, S.Pd

Baca juga artikel:

Classmeting Siapa Takut

Ancaman Makan dan Minum Dengan Tangan Kiri

 

Be the first to comment

Ajukan Pertanyaan atau Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.