KEADAAN NABI DI MALAM HARI

keadaan nabi di malam hari

Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam adalah manusia yang paling mengetahui Rabbnya, hamba yang paling bertakwa kepadaNya, dan makhluk yang paling dicintai-Nya. Karena itulah beliau selalu memanfaatkan setiap kesempatan untuk berkhalwat (menyendiri) bersama Kekasihnya (Allah subhanahu wata’ala), beribadah kepada Penciptanya, dan bersyukur kepada Rabb yang telah mengutamakan dirinya di atas alam semesta ini, dan yang telah menjadikannya pemimpin para Rasul.

Ketika malam telah tiba dan telah menjulurkan tirainya, beliau menghadap Rabbnya yang disembah, beliau bermunajat, berdoa, dan tunduk dihadapan-Nya demean berdiri, duduk maupun sujud, hingga malam hamper saja menjadi terang, sedangkan beliau tidak merasakan lamanya beribadah. Bagaimana mungkin beliau merasakan hal itu, sedangkan beliau sedang berkhalwat dengan Allah subhanahu wata’ala menyendiri bersama Raja diraja, bermunajat kepada Rabb yang menguasai langit dan bumi, dan Dia berkuasa atas segala sesuatu, menyendiri bersama Kekasihnya, bersahabat demean-Nya dan menghadap kepada-Nya dengan hati, tubuh dan ruhnya.

Ya Allah, berilah kami rizki berupa upaya untuk bisa beribadah di malam hari dan merasakan nikmatnya beribadah dan melihat wajahMu yang mulia.

Abdullah bin Rawahah menceritakan tentang keadaan Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam di malam harinya,

يَبِيْتث يُجَافِي جَنْبَهُ عَنْ فِرَاشِهِ إِذَا سْتَثْقَلَتْ بِالْمُشْرِكِيْنَ الْمَضَاجِغُ

“Beliau Shallallahu Alaihi Wasallam bermalam sambil merenggangkan lambungnya dari tempat tidurnya, Ketika tempat-tempat tidur terasa berat (untuk ditinggalkan) bagi orang-orang musyrik.”[1]

 

KESUNGGUHAN NABI DALAM BERIBADAH

Diriwayatkan dari Mughirah bin Syu’bah dan Aisyah radhiyallahu anha berkata:  Jika Rasulullah  mengerjakan shalat malam, beliau berdiri (lama) hingga kedua telapak kaki beliau merekah (bengkak), maka Aisyah bertanya, “Kenapa engkau melakukan semua ini, padahal Allah telah mengampuni dosa-dosamu yang telah lalu dan yang akan datang?”  Beliau Shallallahu Alaihi Wasallam menjawab:

أَفَلَا أَكُوْنُ عَبْدًا شَكُوْرًا

Artinya: “(Justru karena itu), maka apakah aku tidak menjadi seorang hamba yang bersyukur?.” (Shahih, HR. Bukhari dan Muslim).

Dan diriwayatkan dari Abu Hurairah radhiyallahu anhu, dia berkata,

كَانَ رَسُوْلُ اللهِ يُصَلِّي حَتَى تَزْلَعَ قُدَمَاهُ

“Rasulullah shalat malam hingga kedua telapak kaki beliau merekah.”[2]

Ibnu Baththal berkata, “Dalam hadits ini terkandung pelajaran agar seseorang menjadikan dirinya bersungguh-sungguh dalam beribadah, sekalipun hal itu membahayakannya, karena Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam melakukan hal itu, padahal beliau mengetahui apa yang telah diberikan kepadanya (yaitu pengampunan dosa yang telah berlalu dan yang akan datang), lalu bagaimana dengan orang yang tidak memiliki keutamaan itu, terutama bagi orang yang tidak merasa aman bahwa dirinya lebih pantas masuk neraka?”[3]

Diantara gambaran tentang ibadah Rasulullah adalah hadits yang diriwayatkan dari Aisyah radhiyallahu anha, dia berkata, “Aku pernah kehilangan Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam pada suatu malam dari tempat tidur, lalu aku mencarinya, lalu kedua tanganku menyentuh kedua telapak kaki beliau, sementara beliau sedang sujud dan kedua telapak kaki beliau sedang ditegakkan, ketika itu beliau membaca doa,

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوْذُبِرَضَاكَ مِنْ سَخَطِكَ وَبِمُعَافَتِكَ مِنْ عُقُوْبَتِكَ وَأَعُوْذُبِكَ مِنْكَ لَا أُحْصِي ثَنَاءً عَلَيْكَ أَنْتَ كَمَا أَثْنَيْتَ عَلَى نَفْسِكَ

“Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung dengan keridhaan-Mu dari murka-Mu, demean pengampunan-Mu dari siksa-Mu dan aku berlindung kepada-Mu dari-Mu, aku tidak dapat menghitung sanjungan terhadap-Mu, Engkau adalah sebagaimana Engkau menyanjung diri-Mu sendiri.”[4]

Dan diriwayatkan dari Ibnu Abbas radhiyallahu anhuma, dia berkata,

“Aku pernah bermalam di rumah bibiku, Maimunah binti al-Harits, istri Nabi, dan ketika itu beliau sedang berada bersamanya pada malam (giliran) nya, lalu beliau melaksanakan shalat Isya (di masjid) kemudian beliau pulang ke rumahnya, lalu beliau shalat empat rakaat dan kemudian tidur, kemudian beliau bangun lalu bersabda, ‘Anak kecil ini telah tidur, ‘atau beliau mengucapkan kata-kata yang serupa, kemudian beliau berdiri (shalat) dan akupun berdiri disebelah kiri nya, lalu beliau merubah posisiku menjadi di sebelah kanannya, lalu beliau shalat lima rakaat, kemudian shalat dua rakaat, kemudian beliau tidur hingga aku dapat mendengar dengkuran nya, kemudian beliau keluar untuk shalat (Shubuh)” (HR. Bukhari)

Diriwayatkan dari Aisyah radhiyallahuanha, dia berkata,

“Bahwa Rasulullah pernah mengerjakan shalat setelah shalat Isya’ hingga fajar menyingsing.”[5]

Abu Dzar berkata, “Nabi pernah shalat malam hingga Subuh dengan membaca satu ayat, yaitu ayat:

إن تعذبهم فإنهم عبادك وإن تغفر لهم فإنك أنت العزيز الحكيم

“Apabila engkau menyiksa mereka, maka sesungguhnya mereka adalah hamba-hamba-Mu, dan jika engkau mengampuni mereka, maka sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.” (Al-Ma’idah: 118)

Dan diriwayatkan dari Anas bin Malik radhiyallahuanhu, dia berkata,

“Bahwa Rasulullah pernah tidak berpuasa selama satu bulan hingga kami menyangka bahwa beliau memang tidak berpuasa dan beliau pernah berpuasa, hingga kami menyangka bahwa beliau tidak berbuka sama sekali. Jika engkau ingin melihat beliau pada malam hari dalam keadaan shalat, maka pasti engkau akan melihatnya dan juga dalam keadaan tidur, maka pasti engkau akan melihatnya. [6]

LAMANYA BERDIRI YANG DILAKUKAN NABI

Nabi selalu memperlama berdiri di dalam shalat beliau, dan ketika beliau ditanya, “Shalat yang bagaimanakah yang paling utama?” Beliau menjawab:

(طُوْلُ الْقَيَامِ) ولمسلم: (طُوْلُ الْقُنُوْطِ)

“Yaitu shalat yang lama berdirinya.” Dalam riwayat lain: “Yaitu shalat yang lama qunut nya (berdirinya). “ (Shahih, Muslim)

Dan diriwayatkan dari Hudzaifah radhiyallahanhu pernah berkata,

“Aku pernah shalat bersama Rasulullah pada suatu malam, lalu beliau membuka shalat dengan membaca surat al-Baqarah. Aku berkata, ‘Beliau membaca seratus ayat, kemudian beliau rukuk. ‘Tatkala beliau melewatinya, aku berkata, ‘Beliau membacanya dalam dua rakaat. ‘Tatkala sampai pada kalimat An-Nas aku berkata, ‘Beliau membacanya dalam satu rakaat, ‘tatkala beliau selesai dari surat ini,  beliau mulai membaca Surat ali-Imran, lalu ketika beliau melewati bacaan tasbih, takbir, tahlil penyebutan surga dan neraka, beliau berhenti, lalu beliau berdoa atau memohon perlindungan, kemudian rukuk. Ketika rukuk, beliau membaca, Maha Suci Rabbku lagi Maha Agung. ‘Lama beliau rukuk sama dengan lama beliau berdiri atau lebih lama lagi, lalu beliau membaca, ‘Allah mendengar siapa yang memuji-Nya, ‘lalu beliau berdiri dalam waktu lama kemudian sujud. Ketika sujud, beliau membaca, ‘Maha Suci Rabbku lagi Maha Tinggi.”

Abdullah bin Mas’ud radhiyallahuanhu pernah berkata,

“Aku pernah shalat bersama Rasulullah dan beliau memperpanjang (shalatnya) hingga aku berkeinginan buruk kepadanya. ” Lalu ada yang bertanya, “Apa yang engkau inginkan?” Abdullah menjawab, “Aku ingin duduk dan meninggalkan beliau. “

Dan masih banyak lagi hadits-hadits yang diriwayatkan dari beliau yang menerangkan tentang shalat malam, membaca al-Qur’an dan menghidupkan malam-malam nya dengan hal-hal tersebut. Semoga Allah senantiasa mencurahkan shalawat dan salam-Nya untuk beliau.

 

REFERENSI:

Diringkas dari buku, yang berjudul:  Air Mata Di Ujung Malam. Judul asli Kaanuu Minal Laili Maa Yahja’uun.
Penerbit: Pustaka Imam Bonjol, Rajab 1441/Maret 2020

Karya Abu Abdillah Muhammad bin Su’ud bin Muhammad Al-‘Arifi

Diringkas oleh: Lailatul Fadilah (pengajar ponpes Darul-Qur’an Wal-Hadits OKU Timur)

[1]  Diriwayatkan oleh al-Bukhari di dalam kitab al-Jumu’ah, Bab Fadhl Man Ta’arra Minal Lail fa Shallaha, no. 1155.

[2]Diriwayatkan oleh an-Nasa’I dalam Kitab Qiyam al-Lail, Baba al-ikhtilaf ala Aisyah fi-Ihya’ al-Lail, no. 1645

[3]Fathul Bari,II/20

[4] Diriwayatkan oleh Muslim dalam Kitab ash-Shalah, Bab Ma Yuqalu fi ar-Ruku’wa as-Sujud, no. 486.

[5] Diriwayatkan oleh Ahmad dalam Musnadnya, no.24026

[6] Diriwayatkan oleh al-Bukhari dalam Kitab al-jumu’ah,Bab Qiyam An-Nabi bi al-Lail, no.1141

 

BACA JUGA:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.