Pondok Pesantren Darul Qur'an Wal-Hadits Martapura OKU

Apakah Air Bisa Merekam?

APAKAH AIR BISA MEREKAM

APAKAH AIR BISA MEREKAM?

SOAL

Apakah benar air bisa merekam. Maksudnye misal ada orang yg berkata buruk terus di hadapannya ada air minum (misal ngomong jahat). Terus jika kita minum air tadi apakah akan mempengaruhi kita?

Dari Hanifah Hesti Opita Sari, Pagar Alam, Sumsel

JAWABAN

Bismillah. Alhamdulillah washshalatu wassalam ‘ala Rasulillah.

Apakah air bisa merekam sesuatu yang dikatakan di dekat air tersebut kemudian dia berpengaruh kepada orang yang meminumnya? Jika ada orang yang berkata buruk di dekatnya kemudian air tersebut diminum oleh seseorang maka air tersebut akan  berpengaruh buruk padanya?

Kita tidak mendapatkan dalil dari Al-Qur’an dan juga Al-Hadits yang mengatakan bahwa air bisa merekam perkataan orang yang ada di sekitar air tersebut. Hanya saja kita mendapatkan sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Abu Dawud dalam Sunannya, dari Muhammad bin Yusuf bin Tsabit bin Qais bin Syammas dari bapaknya dari Kakeknya dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bahwasanya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam masuk ke dalam rumah Tsabit bin Qais, dia dalam keadaan sakit, beliau mengatakan:

اكْشِفِ الْبَأْسَ رَبَّ النَّاسِ عَنْ ثَابِتِ بْنِ قَيْسِ بْنِ شَمَّاسٍ

‘Hilangkanlah penyakit ini wahai Rabb manusia dari Tsabit bin Qais bin Syammas!’

Kemudian beliau mengambil tanah dari Bath-han, kemudian beliau meletakkannya di wadah air minum, kemudian beliau meniupkan di atasnya di dalam air, kemudian beliau menuangkan air tersebut kepadanya.[1]

Hadits ini pun dinilai lemah oleh sebagian ulama.

Meskipun demikian para ulama menyebutkan akan kebolehan meruqyah dengan membaca Al-Qur’an atau doa-doa yang disyariatkan dan meniupkannya ke dalam air. Dan itu bisa menyembuhkan orang yang sakit dengan izin Allah. Akan tetapi, kita harus meyakini bahwa air itu tidak bermanfaat dengan sendirinya, tetapi semua atas kehendak dan izin Allah subhanahu wa ta’ala.

Adapun keyakinan yang menyebar di sebagian daerah yang mengatakan bahwa air itu bisa mengakibatkan hal buruk untuk orang yang meminumnya jika ada yang berkata buruk di dekat orang tersebut, maka ini tidak boleh kita yakini dan kita tidak perlu mengkhawatirkan hal tersebut. Sesungguhnya segala sesuatu, termasuk air, tidak akan bisa mendatangkan manfaat atau menghilangkan mudarat kecuali dengan izin Allah.

Allah subhanahu wa ta’ala mengatakan:

قُلْ أَتَعْبُدُونَ مِنْ دُونِ اللَّهِ مَا لَا يَمْلِكُ لَكُمْ ضَرًّا وَلَا نَفْعًا وَاللَّهُ هُوَ السَّمِيعُ الْعَلِيمُ

“Katakanlah: Apakah kalian menyembah kepada selain Allah, apa-apa yang tidak memiliki bahaya dan juga manfaat kepada kalian? Dan Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.” (QS Al-Maidah: 76)

Allah ta’ala menyuruh Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam untuk menegur orang-orang musyrik yang menyembah kepada selain Allah, yang mana mereka itu tidak memiliki manfaat dan juga bahaya sedikit pun untuk mereka.

Mudah-mudahan kita tidak bermudah-mudah untuk mempercayai sesuatu yang menyebar di masyarakat, jika kita belum tahu dalilnya.

Wallahu a’lam bishhawab. Billahittaufiq.

Dijawab oleh:

Ust. Said Yai Ardiansyah, M.A.

  • Direktur Ponpes Darul-Qur’an Wal-Hadits OKU Timur
  • Ketua Yayasan Kunci Kebaikan OKU Timur
  • S1 Alumnus Universitas Islam Madinah, KSA

[1] HR Abu Dawud no. 3885. Syaikh Al-Albani menyatakan hadits ini lemah dalam Dha’if Sunan Abi Dawud, begipula Syaikh Syu’aib Al-Arnauth dalam Takhrij Sunan Abi Dawud.

Baca juga artikel:

Amalan-Amalan Yang merugikan Mayat

Ummi

Be the first to comment

Ajukan Pertanyaan atau Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.