Pondok Pesantren Darul Qur'an Wal-Hadits Martapura OKU

20 Hukum Potong Kuku

  1. Memotong kuku termasuk dari hal fitroh.

عَنْ أَبِى هُرَيْرَةَ عَنِ النَّبِىِّ صلى الله عليه وسلمقَالَ « الْفِطْرَةُ خَمْسٌ أَوْ خَمْسٌ مِنَ الْفِطْرَةِ الْخِتَانُ وَالاِسْتِحْدَادُ وَتَقْلِيمُ الأَظْفَارِ وَنَتْفُ الإِبْطِ وَقَصُّ الشَّارِبِ ».

Dari Abu Huroiroh rodhiyaAllohu anhu dari Nabi -shollallohu alaihi wa sallam-: _*“Fithroh ada lima atau lima perkara yang termasuk fithroh adalah khitan, memotong bulu kemaluan, mencabut bulu ketiak, memotong kuku dan memangkas kumis.”*_ [HR. Al-Bukhori (no.5889) Muslim (no.257)]

  1. Ijma’ tentang sunnahnya memangkas kuku.*

Ibnul ‘Arobiy rohimahulloh mengatakan:

الأَظْفَارِ وَقَصُّ » لِذَاتِهِ بِوُجُوبِهِ قَائِلًا نَعْلَمُ لاَ وَ إِجْمَاعًا سُنَّةٌ « لِلطَّهاَرَةِ إِزَالَتُهُ وَجَبَتْ لِلبَشَرَةِ المَاءِ وُصُولُ الوَسْخ مَنعَ إِنْ لَكِنْ

*“Memangkas kuku adalah sunnah dengan ijma’*, dan kami tidaklah mengetahui seorang pun yang mengatakan wajibnya hal tersebut dengan sendirinya, akan tetapi apabila ada kotoran yang menghalangi air ke kulit, maka wajib untuk menghilangkannya karena sebab untuk berthoharoh.” [di nukil dari “Faidhul Qodir” (3/455)]

Imam Ibnul Qoyyim rohimahulloh berkata:

« وأما تقليم الأظفار فإن الظفر إذا طال جدا بحيث يجتمع تحته الوسخ وجب تقليمه لصحة الطهارة »

“Adapun memotong kuku, maka apabila kuku sangat panjang sekali yang dengan hal tersebut terkumpul di bawah kotoran, maka wajib untuk dipotong agar sah thoharohnya.” [lihat “Thufatul Maulud” (1/177)]

  1. Mustahab memulai memotong kuku dari kanan.

Imam An-Nawawi rohimahulloh mengatakan:

قال أصحابنا وغيرهم من العلماء يستحب تقديم اليمين في كل ما هو من باب التكريم كالوضوء والغسل ولبس الثوب والنعل والخف والسر اويل ودخول المسجد والسواك والا كتحال وتقليم الاظفار وقص الشارب ونتف الابط وحلق الرأس والسلام من الصلاة والخروج من الخلاء والاكل والشرب والمصافحة واستلام الحجر الاسود والاخذ والعطاء وغير ذلك مما هو في معناه ويستحب تقديم اليسار في ضد ذلك كالامتخاط والاستنجاء ودخول الخلاء والخروج من المسجد وخلع الخف والسراويل والثوب والنعل وفعل المستقذرات واشبه ذلك ودليل هذه القاعدة أحاديث كثيرة في الصحيح: منها حديث عائشة رضى الله عنها قالت كان رسول الله صلى الله عليه وسلم يعجبه التيمن في شأنه كله في طهوره وترجله وتنعله رواه البخاري ومسلم وعن عائشة أيضا قالت كانت يد رسول الله صلى الله عليه وسلم اليمنى لطهوره وطعامه: وكانت اليسرى لخلائه وما كان من أذى حديث صحيح رواه أبو داود وغيره باسناد صحيح

“berkata ashabuna dan selain mereka dari kalangan ulama, bahwa disukai untuk mendahulukan yang kanan dalam seluruh perkara yang termasuk dalam hal pemuliaan seperti berwudlu, mandi memakai baju, memakai sandal, memakai sepatu, memakai celana, masuk masjid, bersiwak, bercelak, memotong kuku, mencukur kumis, mencabut bulu ketiak, menggundul kepala, salam ketika selesai sholat, keluar dari wc, makan dan minum, bersalaman, melambaikan tangan kepada hajar aswad, mengambil dan memberi, dan selain itu dari perkara semakna dengan hal tersebut. dan disenangi mendahulukan yang kiri dalam perkara lawan dari pada yang tersebut diatas, seperti membuang ingus, bercebok, masuk ke wc, keluar dari masjid, melepas sepatu, melepas celana, melepas baju, melepas sandal, dan dalam perbuatan perbuatan untuk suatu hal yang menjijikkan, dan yang semisal hal itu, dan dalil kaedah ini adalah hadits hadits yang banyak dalam kitab kitab shohih, diantaranya hadits aisyah – semoga alloh meridhoinya – beliau berkata bahwa rosululloh shollalloh alaihi wasallam mengherankan beliau perkara tayamun ( senang mendahulukan yang kanan ) dalam seluruh perkara beliau seperti ketika beliau bersuci, bersisir, dan memakai sandal, { HR bukori muslim }, dan dari aisyah juga bahwa beliau berkata bahwasanya tangan rosululloh yang kanan digunakan untuk bersuci dan makan, dan yang sebelah kiri digunakan untuk buang hajat, dan sesuatu yang tergolong kotoran { hadits shohih yang meriwayatkannya imam abu daud dengan sanad shohih } . [ al majmu’ syarhul muhadzdzab ]

  1. Tidak ada waktu khusus untuk memotong kuku.

Al-‘Ainiy rohimahulloh berkata:

« ثم اعلم أن تقليم الأظفار لا يتوقت والضابط في ذلك الاحتياج فأي وقت يحتاج إلى تقليمه يقلمه »

“Kemudian ketahuilah bahwa memotong kuku tidaklah ada waktunya, *ketentuan dalam permasalahan ini adalah kebutuhan*, maka kapan pun ada kebutuhan untuk memotongnya maka baginya untuk memotongnya.” [lihat “Umdatul Qori” (32/64)]

Imam As-Sakhowi rohimahulloh mengatakan:

لم يثبت في كيفيته ولا في تعيين يوم له عن النبي صلى الله عليه و سلم شيء

“Tidak tsabit sama sekali dari hadits Nabi shollallohu alaihi wa sallam dalam permasalahan tata cara memangkas kuku dan tidak pula penentuan hari untuk memotongnya.”* [lihat “Maqoshid Hasanah” (hal.306)]

Akan tetapi hendaknya memerhatikan kebersihan kuku pada setiap pekannya. Al-Qodhi ‘Iyadh mengatakan:

« الجُمَعَةِ إِلَى الجُمُعَةِ مِنَ تَفَقُّدُهَا يُسْتَحَبُّ »

“Mustahab untuk memerhatikannya dari jum’ah ke jum’at yang akan datang.”* [di nukil dari “Al-Ilam” (1/716)]

Al-Hafidz Ibnu Hajar mengatakan:

قلت لكن لا يمنع من التفقد يوم الجمعة فإن المبالغة في التنظف فيه مشروع والله أعلم

“Tidak ada hal yang menghalangi untuk memerhatikan pada setiap pekannya, karena memperhatikan dengan lebih dalam permasalahan membersihkan padanya adalah perkara yang masyru’, waAllohu a’lam.” [lihat “Fathul Bari” (no.5889)]

  1. Boleh memulai potong kuku dari jari mana saja.*

Al-‘Ainiy rohimahulloh berkata:

ولم يثبت في ترتيب الأصابع عند القص شيء من الأحاديث ولكن ذكر النووي في ( شرح مسلم ) أنه يستحب البداءة بمسبحة اليمنى ثم بالوسطى ثم بالبنصر ثم الخنصر ثم الإبهام وفي اليسرى البداءة بخنصرها ثم بالبنصر إلى الإبهام ويبدأ في الرجلين يختصر اليمنى إلى الإبهام وفي اليسرى بإبهامها إلى الخنصر ولم يذكر للاستحباب مستندا

“Tidaklah tsabit hadits satu pun tentang urutan jari ketika memangkas kuku*, akan tetapi di sebutkan oleh An-Nawawi dalam Syarh Muslim bahwasanya mustahab untuk memulai dengan jari telunjuk kanan kemudian jari tengah, kemudian jari manis kemudian jari kelingking kemudian Ibu jari. Dan ketika jari yang kiri dimulai dengan jari kelinking, kemudian jari manis sampai ke ibu jari. Dan memulai pada kedua kaki dengan jari kelinking yang kanan menuju urut ke ibu jari. Dan pada kaki kiri dimulai dengan ibu jari sampai ke jari kelinking, dan ia tidak menyebutkan hadits yang disandarkan tentang mustahabnya hal tersebut.”

Al-Hafidz Al-‘Iroqi rohimahulloh berkata:

بِهِ يُعْمَلُ حَدِيثٌ الْأَظْفَارِ تَقْلِيمِ كَيْفِيَّةِ فِي يَثْبُتْ لَمْ

“Tidak ada yang shohih tentang tata cara memotong kuku dalam sebuah hadits pun yang kemudian diamalkan dengannya.” [lihat “Thorhut Tatsrib” (2/38)]

  1. Memanjangkan kuku adalah menyelisihi sunnah.*

Asy-Syaikh Ibnu Baz rohimahulloh mengatakan:

تطويل الأظافر خلاف السنة ، وقد ثبت عن النبي صلى الله عليه وسلم أنه قال : « الفطرة خمس : الختان ، والاستحداد ، وقص الشارب ، ونتف الإبط ، وقلم الأظفار »

“Memanjangkan kuku adalah menyelisihi sunnah, dan telah tsabit dari Nabi shollallohu alaihi wa sallam bahwasanya beliau bersabda: “Fithroh ada lima; Khitan, Istihdad (mencukur bulu kemaluan), memangkas kumis, mencabut bulu ketiak dan memotong kuku.” [lihat “Majmu Fatawa wa Maqolat Ibnu Baz” (10/29)]

Asy-Syaikh Ibnu Utsaimin rohimahulloh mengatakan:

ومن العجب أن بعض الجهال يبقي أظافره مدة طويلة حتى تطول وتتراكم فيها الأوساخ وهؤلاء قد تنكروا لفطرتهم وخالفوا السنة التي دعا إليها رسول الله صلى الله عليه وسلم ووقتها لأمته ولا أدري كيف يرضون لأنفسهم أن يفعلوا ذلك مع ما فيه من الضرر الصحي فوق المخالفة الشرعية وبعض الناس يبقي ظفراً واحداً من أظفاره إما الخنصر وإما السبابة وهذا أيضاً جهل وخطأ فالذي ينبغي للمسلمين أن يترسموا وأن يتمشوا على ما خطه النبي عليه الصلاة والسلام ورسمه لهم من فعل هذه السنن التي تقتضيها الفطرة قص الأظفار و الشارب وحلق العانة ونتف الأباط

dan suatu yang mengherankan bahwa sesungguhnya sebagian orang orang bodoh membiarkan kuku kukunya dalam waktu yang lama, sampai memanjang dan bertumpuk tumpuk kotoran padanya, sehingga keadaan mereka itu telah mengingkari fitroh mereka dan menyelisihi sunnah yang mana Rosululloh sholalloh alaihi wasallam menyerukannya dan menentukan batasan waktu bagi umatnya. dan saya tidak mengerti bagaimana mereka ridho terhadap diri mereka sendiri mereka melakukan hal itu bersamaan padanya terdapat madharat yang jelas,sampai pada penyelisihan syari’at. dan sebagian manusia membiarkan satu kuku dari kuku kukunya, baik yang ada di jari kelingkingnya, atau jari telunjuknya. dan ini juga termasuk kebodohan dan kesalahan, dan yang sepantasnya bagi kaum muslimin untuk mengikuti dan berjalan diatas apa yang nabi sholallohu alaihi wasallam mengariskannya dan menetapkannya bagi mereka berupa perwujudan sunah ini yang fitrah itu menuntut pengamalan sunnah itu yaitu memotong kuku, memotong kumis, memangkas bulu kemaluan, dan mencabut bulu ketiak.

  1. Tidak boleh membiarkan lebih dari 40 hari.*

قال أبو الحسين مسلم بن الحجاج بن مسلم القشيري النيسابوري

حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ يَحْيَى وَقُتَيْبَةُ بْنُ سَعِيدٍ كِلاَهُمَا عَنْ جَعْفَرٍ قَالَ يَحْيَى أَخْبَرَنَا جَعْفَرُ بْنُ سُلَيْمَانَ عَنْ أَبِى عِمْرَانَ الْجَوْنِىِّ عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ قَالَ قَالَ أَنَسٌ وُقِّتَ لَنَا فِى قَصِّ الشَّارِبِ وَتَقْلِيمِ الأَظْفَارِ وَنَتْفِ الإِبْطِ وَحَلْقِ الْعَانَةِ أَنْ لاَ نَتْرُكَ أَكْثَرَ مِنْ أَرْبَعِينَ لَيْلَةً.

Dari Anas rodhiyaAllohu anhu berkata: _“Rosululloh telah menentukan waktu bagi kami pada perkara memangkas kumis, memotong kuku, mencabut bulu ketiak dan memotong bulu kemaluan; untuk tidak membiarkannya dari hal-hal tersebut lebih dari 40 malam.”_ [HR. Muslim]

Imam Al-Qurthubi rohimahulloh mengatakan:

وَقَالَ الْقُرْطُبِيّ : هَذَا تَحْدِيد لِأَكْثَر الْمُدَّة وَالْمُسْتَحَبّ تَفَقُّد ذَلِكَ مِنْ الْجُمْعَة إِلَى الْجُمْعَة

“Ini adalah batas untuk tenggang waktu yang paling banyak, dan yang mustahab adalah memerhatikan hal tersebut dari jum’at ke jum’at.” [di nukil dari “Hasyiyah Suyuthi ‘ala Nasa’i” (1/14)]

Imam Ibnul Jauzi rohimahulloh mengatakan:

اعلم أنه متى زاد الزمان على هذا المقدار كثرت الأوساخ وربما حصل تحت الظفر ما يمنع وصول الماء إليه ثم إنها تعدم الزينة التي خصت بالأظفار والشارب

“Ketahuilah bahwa kapan pun bertambahnya waktu dari batas waktu yang di tentukan, maka akan semakin banyak kotoran yang menumpuk, dan terkadang bisa menyebabkan apa yang dibawah kuku menghalangi dari masuknya air ke anggota wudhu, kemudia dengannya hilang keindahan yang diperuntukkan untuk kuku dan kumis.” [lihat “Kasyful Musykil” ]

Asy-Syaikh Ibnu Baz rohimahulloh mengatakan:

ولا يجوز أن تترك أكثر من أربعين ليلة ،.

“Dan tidak boleh membiarkannya lebih dari 40 hari.” [lihat “Majmu Fatawa wa Maqolat Ibnu Baz” (10/29)]

  1. Memanjangkan kuku termasuk bentuk tasyabbuh dengan binatang dan sebagian orang kafir.*

Asy-Syaikh Ibnu Baz rohimahulloh mengatakan:

ولأن تطويلها فيه تشبه بالبهائم وبعض الكفرة

“Dan karena memanjangkannya terdapat padanya tasyabbuh dengan binatang dan sebagian orang-orang kafir.” [lihat “Majmu Fatawa wa Maqolat Ibnu Baz” (10/29)]

Asy-Syaikh Ibnu Utsaimin rohimahulloh mengatakan:

« فَتَقْلِيْمُ الأَظْفَارِ مِنَ الفِطْرَةِ، لِأَنَّ بَقَائَهَا طَوِيْلَةً يَجْلِبُ الوَسْخَ تَحْتَهَا، وَيَجْعَلُ الإِنْسَانَ شَبِيْهًا بِالسَّبُعِ، حَيْثُ يَكُونُ طَوِيْلُ الأَظْفَارِ، وَلِهَذَا قَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : «أَمَّا الظُّفْرُ فَمُدَى الحَبَشَةِ». فَلِهَذَا كَانَتْ الفِطْرَةُ إِزَالَةُ الأَظْفَارِ».

“Memotong kuku termasuk dari fithroh, karena membiarkannya panjang akan mendatangkan kotoran di bawah kuku serta menjadikan seorang mirip dengan binatang buas dari sisi panjang kukunya, oleh karena itu Nabi shollallohu alaihi wa sallam bersabda: “Adapun kuku adalah pisaunya orang Habsyah.” Maka oleh karena itu fitroh adalah menghilangkan kuku.” [lihat “Syarh Shohih Al-Bukhori” (hadits no.5891)]

  1. Di sunnahkan memotong kuku ketika hendak bermajlis ilmu.*

Al-‘Ainiy rohimahulloh berkata:

وقد استحب العلماء لطالب العلم أن يحسن حاله عند مجالسة شيخه فيكون متطهرا متنظفا بإزالة الشعوث المأمور بإزالتها نحو قص الشارب وقلم الأظفار وإزالة الروائح المكروهة وغير ذلك

“Para ‘Ulama memandang mustahab bagi tholibul ilmi untuk memperbagus keadaannya ketika bermajlis dengan syaikhnya dengan membersihkan diri dengan menghilang hal-hal yang diperintahkan untuk dihilangkan seperti; memangkas kumis, memotong kuku, menghilangkan bau yang tidak sedap dan yang selainnya.” [lihat “Umdatul Qori” (5/313)]

  1. Tidak terlalu pendek dalam memotong kuku.*

Al-‘Ainiy rohimahulloh berkata:

ويستحب الاستقصاء في إزالتها بحيث لا يحصل ضرر على الإصبع

“Disunnahkan memangkas ketika menghilangkannya dengan ketentuan yang tidaklah sampai memberikan rasa sakit kepada jari jemari.” [lihat “Umdatul Qori” (32/64)]

  1. Ahsannya bagi wanita untuk tidak memakai pewarna kuku.*

Asy-Syaikh Ibnu Baz rohimahulloh mengatakan:

أما ( المناكير ) فتركها أولى ، وتجب إزالتها عند الوضوء ؛ لأنها تمنع وصول الماء إلى الظفر .

“Adapun (manakir) pewarna kuku, maka yang lebih afdhol adalah ditinggalkan, dan wajib dihilangkan ketika berwudhu, karena hal tersebut menghalangi masuknya air ke kuku.” [lihat “Majmu Fatawa wa Maqolat Ibnu Baz” (10/29)]

  1. Bolehnya memotong kuku tanpa pisau kecil.*

Asy-Syaikh Ibnu Utsaimin rohimahulloh mengatakan

بِغَيْ إِزَالَتُهَا هَلْ قَائِلٌ قَالَ فَلَو جَائِزٌ؟ القَلْمِ رِ

بِالمَقَصِّ» أَيّ لأَظْفَارِ ا قَصُّ« نَفْسِهِ الحَدِيْثِ فِي وَرَدَ وَقَدْ سْهَلُ،أَ هُوَ بَلْ جَائِزٌ هُوَ نَقُولُ

“Kalau ada yang bertanya: Apakah boleh memotong kuku tanpa pisau kecil? Kami katakan: hal itu boleh, bahkan hal tersebut lebih mudah, telah datang dalam hadits itu sendiri: “Memotong kuku.” Yakni dengan alat pemotong kuku.” [lihat “Syarh Shohih Al-Bukhori” (hadits no.5891)]

  1. Disunnahkan untuk tidak memangkas kuku ketika berperang atau safar.*

‘Umar bin Al-Khotthob rodhiyaAllohu anhu berkata:

وَقَالَ عُمَرُ: ” وَفِّرُوا الْأَظْفَارَ فِي أَرْضِ الْعَدُوِّ فَإِنَّهُ سِلَاحٌ

“Biarkanlah kuku-kuku ketika di negeri musuh, karena itu adalah senjata.” [di nukil dari “Syarhul Umdah” (1/239)]

Asy-Syaikh Ibnu Utsaimin rohimahulloh mengatakan:

“Para ‘ulama berkata: hendaknya seseorang tidak memangkas kukunya ketika perang dan bepergian, karena ia membutuhkan untuk menali, serta melepaskan tali. Dan kuku-kuku ini bermanfaat baginya, dan apabila dipangkas, maka ia tidak bisa melakukan pekerjaan sebagaimana apa yang ia kerjakan sebelum dipangkas.” [lihat “Syarh Shohih Al-Bukhori” (hadits no.5891)]

  1. Mendahulukan memotong kuku tangan sebelum kaki.

Ibnul Mulaqqin rohimahulloh mengatakan:

المستحب أن يبدأ في تقليم الأظفار باليدين قبل الرجلين فيبدأ بمسبحة يده اليمنى ثم الوسطى ثم البنصر ثم الخنصر ثم الإِبهام، ثم يعود إلى اليسرى فيبدأ بخنصرها ثم ببنصرها ثم إلى آخرها ثم يعود إلى الرجل اليمنى فيبدأ بخنصرها ثم يختم بخنصر اليسرى، كذا جزم به النووي في شرح مسلم

“Yang mustahab adalah memulai dalam memotong kuku kedua tangan kemudian kedua kaki.” [Al-‘Ilam” (1/712)]

  1. Menyembelih dengan kuku adalah kebiasaan orang Habasyah.*

Nabi shollallohu alaihi wa sallam bersabda:

أَمَّا الظُّفُرُ فَمُدَى الْحَبَشَةِ

“Adapun kuku adalah pisaunya orang Habsyah.”

Ibnu Jauzi rohimahulloh mengatakan:

وأما الحبشة فقد جرت عادتهم باستعمال الأظفار مكان المدى فتنزهق النفس خنقا لا ذبحا

“Adapun Habasyah telah berjalan kebiasaan mereka dengan menggunakan kuku untuk menggantikan pisau yang dengannya mereka membunuh dengan mencekik; tidak dengan sembelih.” [lihat “Kasyful Musykil min Hadits Shohihain” (hal.427)]

Asy-Syafi’iiyah, Al-Hanabilah, Malikiyyah berpendapat tentang haromnya menyembelih dengan kuku dan gigi secara mutlak, dan hewan sesembelihan tersebut adalah bangkai dan tidak halal untuk dimakan.

  1. Apakah disunnahkan untuk menimbun bekas potongan kuku?*

Di sebutkan oleh Al-Hakiim dalam “Nawadir” (hal.45) dari hadits ‘Abdillah bin Bisyr Al-Mazini secara marfu’ dengan sanad yang dho’if:

عن عبد الله بن بشر المازني رضي الله عنه قال قال رسول الله صلى الله عليه وسلم قصوا أظافيركم وادفنوا قلاماتكم

“Pangkaslah kuku-kuku kalian dan timbunlah bekas kuku kalian.”*_ [Hadits di dho’ifkan oleh penahqiq kitab “Al-I’lam” Asy-Syaikh ‘Abdul ‘Aziz Al-Musyaiqoh]

Di sebutkan juga oleh Al-Hakiim dalam “Nawadir” (hal.45) dari ‘Aisyah rodhiyaAllohu anha:

( كان يأمر بدفن سبعة أشياء من الإنسان : الشعر ، والظفر ، والدم ، والحيضة ، والسن ، والمشيمة ، والقلفة )

_“Dahulu Rosululloh shollallohu alaihi wa sallam memerintahkan kami untuk menimbun/ mengubur tujuh bagian dari tubuh manusia: rambut, kuku, darah, haidh, gigi, ari-ari dan kulup bekas khitan.”_ [Imam Al-Albani rohimahulloh mengatakan dalam “Adh-Dho’ifah” (no.3263): “Mungkar.”]

Diriwayatkan juga dari Wa’il bin Hujr rodhiyaAllohu anhu:

كان يأمر بدفن الشعر والأظفار

_“Rosululloh memerintahkan untuk menimbun rambut dan kuku.”_ [HR. Al-Baihaqi (no.6069) Ath-Thobroni dalam “Mu’jam Al-Kabir” (no.73), dan hadits didho’ifkan Al-Baihaqi dan Al-Albani dalam Adh-Dho’ifah (no.2357)]

عَنِ ابْنِ عُمَرَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم– :« ادْفِنُوا الأَظْفَارَ وَالشَّعَرَ وَالدَّمَ فَإِنَّهَا مَيْتَةٌ »

Dari Ibnu ‘Umar berkata: bersabda Rosululloh shollallohu alaihi wa sallam: _*“Kuburlah kuku dan rambut kalian, karena itu adalah bangkai.”*_ [HR. Al-Baihaqi (no.75), Imam Al-Baihaqi mengatakan setelah meriwayatkan hadits tersebut: “Sanad hadits ini dho’if dan telah di riwayatkan dalam perkara mengubur kuku dan rambut hadits-hadits yang sanadnya semua lemah.”]

Ibnu Qudamah rohimahulloh mengatakan:

وَيُسْتَحَبُّ دَفْنُ مَا قَلَّمَ مِنْ أَظْفَارِهِ أَوْ أَزَالَ مِنْ شَعْرِهِ

“Disukai untuk mengubur apa yang dipotong dari kuku atau apa yang dibuang dari rambutnya.” [lihat “Al-Mughni” (1/100), dan “Syarhul Umdah” (1/242) oleh Syaikhul Islam rohimahulloh]

  1. Mencuci ujung kuku setelah memotongnya.*

Ibnu Qudamah rohimahulloh mengatakan:

وَيُسْتَحَبُّ غَسْلُ رُءُوسِ الْأَصَابِعِ بَعْدَ قَصِّ الْأَظْفَارِ ، وَقَدْ قِيلَ : إنَّ الْحَكَّ بِالْأَظْفَارِ قَبْلَ غَسْلِهَا يَضُرُّ بِالْجَسَدِ

*“Disunnahkan untuk mencuci ujung jari jemari setelah memotongnya,* karena menggaruk sebelum dicuci akan menciderai badan.” [lihat Al-Mughni, dan “Syarhul ‘Umdah” oleh Syaikhul Islam (1/240)]

  1. Tidak di sunnahkan memotong kuku bagi orang yang ihrom dan yang hendak berkurban ketika masuk bulan dzulhijjah.*

غن أُمَّ سَلَمَةَ زَوْجَ النَّبِىِّ صلى الله عليه وسلمتَقُولُ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم– « مَنْ كَانَ لَهُ ذِبْحٌ يَذْبَحُهُ فَإِذَا أُهِلَّ هِلاَلُ ذِى الْحِجَّةِ فَلاَ يَأْخُذَنَّ مِنْ شَعْرِهِ وَلاَ مِنْ أَظْفَارِهِ شَيْئًا حَتَّى يُضَحِّىَ ».

Dari Ummu Salamah istri Nabi berkata bersabda Rosululloh: _*“Barang siapa mempunyai sembelihan yang hendak disembelih, maka apabila masuk hilal bulan dzul hijjah, maka janganlah ia mengambil dari rambut dan tidak pula kukunya sama sekali sampai ia berkurban.”*_ [HR. Muslim (no.1977)]

Al-Munawi rohimahulloh berkata:

ويستثنى من ندب قلم الأظفار موضع منها حالة الإحرام وعشر ذي الحجة لمريد التضحية وحالة الموت وحالة الغزو على ما في المحيط للحنفية

“Dikecualikan dari anjuran memotong kuku ada beberapa tempat diantaranya; ketika ihrom, pada 10 dzulhijjah bagi yang hendak berkurban, ketika meninggal dan ketika perang sebagaimana apa yang disebutkan dalam (Al-Muhiith) milik madzhab Al-Hanafiyah.” [ lihat “Faidhul Qodir” (hadits no.6130)]

  1. Faedah dari memotong kuku.

Ibnul Mulaqqin rohimahulloh berkata:

« فائدة: في التقليم معنيان: تحسين الهيئة، والقرب إلى تحصيل الطهارة الشرعية على الأكمل، إذا لم يخرج من طولها المعتاد خروجًا بينًا، فإن خرجت فذاك مانع من حصولها إذا تعلَّق بها وسخ »

“Faedah pada memotong kuku ada dua makna: memperbagus penampilan dan agar lebih dekat kepada pencapaian bersuci syar’I dengan pelaksanaan yang paling sempurna. Apabila tidak melebihi dari panjangnya yang masih normal dengan panjang yang sangat kentara, maka hal tersebut adalah penghalang pada thoharoh syar’I apabila menempel padanya kotoran.”

  1. Tidak ada wudhu di sebabkan dari memotong kuku.

عَنْ أَبِى مِجْلَزٍ قَالَ : رَأَيْتُ ابْنَ عُمَرَ قَصَّ أَظْفَارَهُ فَقُلْتُ : أَلاَ تَتَوَضَّأُ؟ فَقَالَ : مِمَّ أَتَوَضَّأُ لأَنْتَ أَكْيَسُ فِى نَفْسِكَ مِمَّنْ سَمَّاهُ أَهْلُهُ كَيِّسًا

“Dari Abi Mijlas berkata: Aku melihat Ibnu ‘Umar memotong kukunya, maka aku bertanya: Apakah engkau tidak berwudhu? Beliau menjawab: _“Kenapa aku berwudhu?”_ sungguh engkau itu lebih cerdas daripada orang-orang yang menamai dengan orang cerdas.” [HR. Al-Baihaqi (no.713)]

Imam Al-Baihaqi rohimahulloh berkata:

باب السُّنَّةِ فِى الأَخْذِ مِنَ الأَظْفَارِ وَالشَّارِبِ وَمَا ذُكِرَ مَعَهُمَا وَأَنْ لاَ وُضُوءَ فِى شَىْءٍ مِنْ ذَلِكَ

“Bab: Sunnahnya dalam mengambil sesuatu dari kuku dan kumis serta apa yang berkaitan dengan keduanya, dan tidak ada wudhu pada perkara tersebut.”

di susun oleh: Abu Abdillah ahmad aminuddin (pengajar di Ponpes Darul-Qur’an Wal-Hadits OKU Timur)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.