Pondok Pesantren Darul Qur'an Wal-Hadits Martapura OKU

Jangan Dekati Zina!

jangan dekati zina

Jangan Dekati Zina! – Segala puji bagi Allah Rabb semesta alam yang menciptakan langit dan bumi, kami memuji-Nya, kami memohon pertolongan pada-Nya, kami berlindung pada- Nya dari kejelekan diri- diri kami dan amal perbuatan kami. Sholawat serta salam tak lupa kami curahkan kepada Baginda besar kami Nabi Muhammad.

Amma ba’du,

Kita bersyukur kepada Allah atas segala nikmat yang telah dilimpahkan dan dikaruniakan kepada kita. Nikmat yang sangat banyak dan tak dapat terhitung. Mensyukuri nikmat- nikmat Allah yaitu dengan melaksanakan perintah- Nya, dan menjauhi larangan Allah. Setiap muslim dan muslimah wajib berusaha menjauhkan apa yang dilarang oleh Allah dan wajib menahan hawa nafsu dan syahwatnya. Sesungguhnya surga disediakan bagi orang- orang yang takut kepada Allah Ta’ala dan menahan hawa nafsunya.

Allah Ta’ala berfirman,

وأما مَنْ خَافَ مَقَامَ رَبِّهِ وَنَهى النَفْسَ عَنِ الهَوى(٤٠) فَإِنَّ الجَنةَ هي المَأْوَى(٤١)

Artinya: “Dan adapun orang-orang yang takut kepada kebesaran Rabb-Nya dan menahan diri dari keinginginan hawa nafsunya, maka sungguh, surgalah tempat tinggalnya.”(QS. An- Naazi’at: 40-41)

Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda,

حُفَّتِ الجَنَّةُ بِالمَكارِهِ وَحُفَّتِ النّارُ بالشَهوات

Artinya: “Surga dikelilingi  dengan berbagai hal yang tidak disukai dan neraka dikelilingi dengan berbagai hal yang menyenangkan.” (Muttafaq Alaih)

Maksudnya, surga dikelilingi dengan hal yang tidak disukai adalah adanya perintah atau larangan( baik berupa perkataan maupun perbuatan), ada orang yang mengalami kesulitan dalam mengerjakannya karena berat melawan godaan setan dan hawa nafsu.

Adapun neraka dihiasi dengan hal- hal duniawi yang menyenangkan yang dilarang oleh syari’at mengerjakannya. Semua bentuk maksiat menyenangkan hati bagi orang yang dikuasai oleh hawa nafsu dan dihiasi oleh setan bahwa perbuatan itu indah. Zina merupakan syahwat yang disukai oleh kemaluan, dan hawa nafsu sangat condong kepadanya. Maka, jika seseorang merobek tirai ini, maka perbuatan ini menjadi sebab ia masuk ke dalam Neraka.

 

DOSA DAN MAKSIAT MENDATANGKAN AZAB

Saudaraku se- Islam, ketahuilah bahwa dosa dan maksiat pasti menimbulkan mudharat, tidak mungkin tidak!

Bukankah dosa dan maksiat yang menyebabkan Nabi Adam dan Hawa dikeluarkan dari Surga- negeri tempat kelezatan, keindahan, kenikmatan, dan kegemberaan- menuju bumi, yaitu tempat penuh penderitaan, kesedihan, dan musibah?.

Bukankah dosa yang menyebabkan Iblis dikeluarkan dari kerajaan langit, sekaligus terusir dan terlaknat?

Bukankah dosa yang menyebabkan ummat Nabi Nuh ditenggelamkan oelh air bah setinggi puncak gunung?

Seandainya engkau memperhatikan kisah demi kisah kaum- kaum tersebut yang diazab dengan azab yang pedih, tentunya engkau akan menjauhi perbuatan dosa dan maksiat. Dan jangan sekali- kali engkau meremehkan dosa dan maksiat.

Namun sungguh Allah telah menciptakan manusia sebagai makhluk yang zhalim kepada dirinya sendiri, mengingkari nikmat, serta sangay bodoh.

Oleh karena itu manusia wajib belajar tentang Islam agar hilang kebodohan dalam dirinya dan ia tahu tentang agama Islam yang sebenarnya, agama yang menjaga drah, harta, jiwa, nasab, dan kehormatan manusia. Dan wajib memahami Islam dengan pemahaman yang benar, lalu ia mengamalkan amal- amal shalih yang semuanya adalah ringan dan mudah.

Seorang muslim wajib bersyukur kepada Allah dengan melaksanakan amal- amal shalih dan menjauhkan diri dari semua dosa dan maksiat. Karena sesungguhnya syukur adalah pokok iman.

 

PENGARUH BURUK DOSA DAN MAKSIAT

Ketahuilah bahwa setia kali seorang hamba melakukan sebuah kemaksiatan, maka akan dotorehkan satu noktah hitam di hatinya. Al- Hasan Al- Bashri mengatakan,” itu adalah dosa di atas dosa sehingga membuat hati menjadi buta, lalu mati”.

Sedangkan hati yang sehat, maka ia akan mengikuti keburukan dengan kebaikan dan mengikuti dosa dengan taubat.

Imam Ibnul Qoyyim di dalam kitab nya ad- Daa’ wad Dawaa’(Penyakit dan obatnya) menyebutkan bahwa pengaruh dosa dan maksiat dalam kehidupan seorang muslim sangat bahaya dan mempunyai dampak negatif sebagaimana pengaruhnya racun terhadap tubuh manusia. Diantranya:

  1. Dosa dan maksiat akan menghalangi masuknya ilmu.
  2. Dosa dan maksiat akan menghalangi berkahnya rezeki dan umur.
  3. Menghalangi untuk berbuat taat kepada Allah.
  4. Dosa dan maksiat akan membawa bencana.
  5. Dosa dan maksiat akan mengurangi iman.
  6. Akan mempersulit urusan – urusan.
  7. Membuta hati selalu gelisah.
  8. Membuta hati gelap.
  9. Menyebabkan timbulnya perbuatan maksiat selanjutnya.
  10. Mendatangkan kehinaan di dunia dan akhirat.
  11. Menghilangkan rasa cinta kepada Allah dan benci keburukan.
  12. Membuat terbiasa berbuat maksiat.
  13. Mendatangkan petaka dan siksa.
  14. Dosa dan maksiat menghitamkan wajah dan membuat hati menjadi keras.

Saudaraku, orang yang beriman adalah orang yang takut kepada Allah dan selalu menjauhkan dosa -dosa besar. Orang yang beriman tidak boleh menganggap remeh perbuatan dosa. Orang yang beriman melihat dosa sesebsar gunung yang akan menimpah dia, sedangkan orang yang jahat, maka ia akan senantiasa menganggap dosa tersebuit remeh dimatanya.

 

JANGAN DEKATI ZINA!

Kepada seluruh kaum muslimin dan muslimat, pemuda dan pemudi, serta para remaja, terlebih yang sudah nikah, ingat! Jangan dekati zina dan jangan main api!! Jauhi jalan – jalan yang membawa kepada perbuatan zina. Saya ingatkan juga kepada penuntut ilmu agar jangan sekali – kali meremehkan perbuatan dosa dan maksiat lainnya. Sekecil apa pun perbuatan dosa dan maksiat tersebut pasti akan mendatangkan keburukan bagimu, baik dalam urusan dunia maupun akhiratmu.

Zina akan membawa kepada kehinaan, menyebabkan kerusakan, serta mendatangkan azab di dunia, di kubur, dan di akhirat nanti. Allah melarang semua jalan yang menuju kepada perzinaan apa pun bentuknya. Misalkan dengan menonton tayangan yang mengumbar aurat, membaca majalah atau buku- buku porno, kholwat, berpacaran, tinggalnya seorang laki- laki di rumah bersama pembantu perempuannya atau bentuk kholwat lainnya, walaupun asalnya bernilai baik seperti mengantarkan seorang wanita ke tempat tertentu, mengumbar pandangan, sering teleponan dengan perempuan atau sebaliknya, ber- sms- an, chatting, facebook, dan beragam sarana lainnya yang akhirnya akan menjerumuskan manusia kepada perzinaan.

Zina adalah jalan paling jelek. Zina adalah perbutan yang sangat kotor, moral paling buruk, serta akhlak yang paling rendah dan jelek.

Agama Islam secara tegas melarang perbuatan zina. Zina adalah perbuatan keji dan kotor yang memebawa kepada kebinasaan. Zina merupakan perbuatan yang benar- benar keji dan jorok, dan ini diakui oleh setiap orang yang berakal sehat, juga oleh sebagian besar binatang.Bahkan di kalangan monyet sekalipun mereka tidak menerima perbuatan zina yang kotor dan hina ini.

 

BAHAYA ZINA!

Tidak ada dosa yang paling besar setelah membunh manusia kecuali zina. Orang yang tidak menjaga kemaluannya terjatuh ke dalam tiga ancaman:

  1. Termasuk orang yang tidak beruntung
  2. Termasuk orang yang tercela
  3. Termasuk orang yang melampaui batas

Allah juga menyebutkan bahwa dosa zina ini dikaitkan dengan dosa syirik dan diakitkan dengan dosa membunuh jiwa yang diharamkan oleh Allah, serta membawa kepada kejelekan dan kerusakan, dan kehinaan di dunia dan akhirat.

Perbuatan ziana memiliki bahaya yang sangat besar, diantaranya:

  1. Menghilangkan kemaslahatan alam
  2. Melemahkan pengagungan terhadap Allah
  3. Menyebabkan Allah Ta’ala mengabaikan hamba- Nya
  4. Mengelurkan seorang hamba dari wilayah ihsan
  5. Menyebabkan tercampurnya nasab
  6. Mengiringi wanita yang terjaga kehormatannya dengan kehancuran
  7. Membawa kerusakan pada dun ia dan agamanya
  8. Membawa siksa kuburnya dan diancam masuk ke dalam Neraka
  9. Banyak kehormatan yang diinjak- injak dan terjadi kezholiman
  10. Menyebabkan kefakiran dan rezeki tidak barokah
  11. Memendekkan umur
  12. Menghitamkan wajah pelakunya
  13. Membuat Allah murka dan dibenci manusia
  14. Mencerai beraikan hati dan membuat sakit hati
  15. Mendatangkan kegelisahan, kesedihan, dan ketakutan hati
  16. Menghilangkan kebaikan dan ketaatan
  17. Menghilangkan nikmat dan mendatangkan azab
  18. Memalingkan hati dari istiqomah
  19. Menybabkan kehancuran rumah tangga
  20. Menjadikan pelakunya sebagai tawanan setan dan penjara syahwat
  21. Menjatuhkan derajat dan kedudkannya di sisi Allah dan makhluk- Nya
  22. Melemahkan fungsi akal
  23. Menghapus keberkahan agama dan dunia
  24. Memutuskan hubungan hamba dengan Rabb nya
  25. Menybabkan berbagai makhluk berani mengganggu pelakunya
  26. Menyebabkan pelakunya melalaikan dirinya sendiri dan keluarga
  27. Menghambat perjalanan hati menuju Allah
  28. Malaikat – malaikat rahmat akan menjauh dari nya
  29. Mendekatkan diri kepada setan- setan yang terlaknat
  30. Menghilangkan rasa malu

 

Oleh karena itu kita sebagai seorang muslim yang beriman, hendaklah kita menjaga baik hubungan kita dengan Allah. Jaga semua hak- hak- Nya, hindari semua larangannya dan lakukanlah semua perintah- Nya. Semoga kita semua senatiasa dijauhkan dari perbuatan- perbuatan keji tersebut. Aamiin.

Bersambung…

 

Referensi :

Buku  pustaka at- taqwa, judul”  jangan dekati zina”, Ust. Yazid bin Abdul Qodir Jawas, Jumadil akhir 1439 H/ Februari 2018.

Di ringkas oleh: Fadhilah Azka Anisa (Pengabdian Ponpes DQH Oku Timur)

 

BACA JUGA :

Be the first to comment

Ajukan Pertanyaan atau Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.