Jurus Menyehatkan Tubuh

Jurus menyehatkan tubuh 2

Jurus Menyehatkan Tubuh – Kesehatan adalah hal yang penting dan utama, karena kesehatan adalah salah satu modal untuk melaksanakan ibadah.  Berikut adalah jurus untuk menyehatkan tubuh;

Menjaga Kebersihan Diri.

Sunnah-sunnah fitrah sering di singgung oleh rasulullah dalam haditsnya riwayat abu hurairah. Rasulullah shalallahu alaihi wa sallam bersabda :

“lima hal yang termasuk fitrah manusia yaitu khitan, memangkas bulu kemaluan, mencukur kumis, mencabut bulu ketiak, memotong kuku’’. (HR.Bukhari).

Lima hal tersebut merupakan upaya untuk menaati rasulullah. Dan hal ini merupakan salah satu prilaku preventif pencegahan penyakit.

Ternyata kuku dan bulu kemaluan yang panjang dapat menyebabkan tumbuhnya berjuta juta bakteri, dan berkembang parasit, juga mengandung potensi menimbulkan penyakit yang menyerang anggota tubuh .

Pada zaman dahulu hal ini tidak pernah di ketahui oleh dunia barat, baru baru ini saja kita mendengar yang namanya bakteri, virus, mikro organisme potagen ,dan lain sebagainya. Rasulullah telah mengajarkan itu semua sebelum masa modernisasi .

Sedikit informasi, bahwa minyak wangi atau parfum yang di ciptakan dunia barat pada abad pertengahan dahulu merupkan salah satu upaya mereka untuk mengurangi bau badan, sebelum mereka mengetahui pentingnya mandi.

Dan Rasulullah telah memngajarkan kepada umatnya akan penting dan bermanfaatnya mandi, salah satu bukti dari hal tersebut adalah hadits rasulullah :

لله تعالى على كل مسلم حق أن يغتسل في كل سبعة أيام يوما

“ merupakan hak allah atas hambanya adalah mandi setiap tujuh hari satu hari”.

(HR.Al bukhari dan Muslim ).

Ternyata mandi adalah cara yang paling baik bagi kita untuk membersihkan diri dari kotoran kotoran, termasuk bakteri potagen di bagian kulit, para ahli mengemukakan bahwa 90 % potagen yang membahayakan manusia dapat di hilangkan dengan mandi, lebih baik jika dilengkapi dengan wudhu.

Karena wudhu merupakan amalan yang dapat menerangi seorang hamba ketika di panggil di hari kiamat, cahaya itu tergantung dengan kualitas wudhu seorang hamba.

عن نعيم المجمر أنه رقي إلى أبي هريرة على ظهر المسجد وهو يتوضأ فرفع في عضديه ثمّ أقبل عليّ فقال إنّي سمعت رسول الله صلى الله عليه وسلم يقول «إِنَّ أُمَّتِي يَأْتُونَ يَوْمَ الْقِيَامَةِ غُرًّا مُحَجَّلِينَ مِنْ آثَارِ الْوُضُوءِ، ‌فَمَنِ ‌اسْتَطَاعَ ‌مِنْكُمْ ‌أَنْ ‌يُطِيلَ ‌غُرَّتَهُ ‌فَلْيَفْعَلْ>>

An-nu’aim Al-Mujmiri mengatakan bahwa dia pernah bersama Abu Hurairah Radhiallahu anhu di halaman masjid, dia mendengar Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda “Sesungguhnya, umatku akan di panggil pada hari kiamat dalam keadaan terselimuti cahaya karena bekas air wudhu. Siapa saja dari kalian yang sanggup untuk memperlama cahaya tersebut maka lakukanlah.”(HR. Al Bukhari)

Berolahraga

Kita sebagai umat Rasulullah shalallahu alaihi wasallam haruslah memiliki tubuh yang kuat dan dan sehat. Dengan berolahraga ,tubuh menjadi sehat dan kuat sehingga bersemangat dalam melakukan amal ibadah ,dan terhindar dari penyakit.

Ingatlah Rasulullah shalallahu alaihi wa sallam pernah bersabda bahwa.

“Orang beriman yang kuat lebih Allah cintai dari pada orang beriman yang lemah”.

Rasulullah shalallahu alaihi wasallam adaalah seorang yang menyukai olahraga, sehingga Rasulullah memiliki tubuh serta fisik yang sehat dan bugar, kenyataannya adalah Rasulullah hanya mengalami dua kali sakit di waktu hidup nya,

Dan itupun akibat racun yang di berikan oleh wanita yahudi, akan tetapi racun tersebut tidak secara langsung menyerang organ dalam tubuh Rasulullahi shalallahu alaihi wasallam.

Berikut olahraga yang di gemari oleh Rasulullah shalallahu alaihi wa sallam, yaitu:

Sholat

Shalat adalah gerakan terbaik untuk tubuh manusia. Semakin banyak seserorang sholat, akan semakin sehatlah iman, qalbunya, juga raganya. Kita mengerjakan shalat tidak untuk sehat tapi karena ini adalah perintah dari Allah.

Shalat adalah gerakan yang di dalamnya terdapat streching dan reflexing. Di dalam shalat, terdapat prinsip dasar squat jump, push up, plank, dan semua gerakan terbaik, termasuk di dalamnya peregangan otot diafragma yang bisa membuka paru paru saat takbiratul ihram. Gerakan itu sangat bermanfaat bagi penderita asma. Shalat adalah perintah Allah. Sebagai seorang hamba, kita wajib melaksanakan sholat sebagai bentuk ketaatan kita kepada Allah. Shalat ternyata mengandung gerakan yang bermanfaat sama seperti saat kita berolahraga. Sholat lebih kepada gerakan refleksi yang mengutamakan kesempurnaan gerakan serta mendalami makna setiap gerakan yang menuntun kita kepada sebuah kenyamanan yaitu tuma’ninah.

Gulat

Gulat adalah salah satu olahraga yang dilakukan Rasulullah shalallahu alaihi wa sallam.

Samurah bin jundub meriwayatkan bahwa Rasulullah menyuruh pemuda anshar untuk berlatih bergulat. Bahkan, samurah bin jundub sendiri bergulat dengan Rasulullah.

Olahraga gulat adalah kontak fisik antara dua orang. salah seorang dari keduanya harus dapat menjatuhkan dan menguasai lawannya. Di dalam gulat terdapat teknik, seperti joint lock, clinch fighting, grappling hold, dan laverage. Bergulat dapat menyebabkan luka serius. Artinya Rasulullah memiliki kekuatan fisik yang mumpuni sehingga beliau ikut bergulat. Kekuatan fisik tidak di dapatkan kecuali sebuah upaya yang disiplin, mengolah fisik, dan disertai pola hidup yang baik dan tepat.

Berkuda

Berkuda adalah salah satu olahraga yang dianjurkan oleh Rasulullah.

Rasulullah salallahu alaihi wasallam pernah menguji latihan kuda para sahabatnya dengan mengadakan lomba pacuan kuda. Abdullah bin umar menjadi salah satu pesertanya.

Berkuda memiliki karakter tersendiri, berkuda bukan sekedar berkendara. Guncangan dan gerakan yang tidak statis dalam berkuda menuntut tubuh untuk beradaptasi. semakin tubuh kita beradaptasi dengan gerakan kuda , kita akan semakin memahami kapan saat yang tepat untuk memberikan isyarat agar kuda yang kita kendarai bergerak ,sebagaimana yang kita inginkan. Kemampuan beradaptasi tentu tidak akan terasah kecuali dengan sering berlatih sehingga memahami karakter kuda yang kita kendarai.

Memanah

Memanah adalah permainan terbaik yang di ajarkan oleh Rasulullah. Memanah identik dengan membidik target. memanah dapat mengasah kekuatan menghimpun konsentrasi dan menentuka fokus. Berhasil dan tidaknya pada latihan atau penguasaan memanah bergantung pada ketepatan mengenai sasaran yang menjadi target. Ketepatan tersebut tidak akan di dapatkan kecuali setelah berlatih secara intensif.

Ketepatan bidikan di pengaruhi oleh kemampuan berkonsentrasi, kekuatan lengan, kelenturan tubuh, dan ketepatan memperkirakan arah angin. ujiannya tidak hanya latihan secara fisik latihan konsentrasi pun diperlukan. Latihan konsentrasi merupakan hati yang terwujud dari kesabaran, keyakinan,dan matangnya pertimbangan. Semua latihan batin akan menghasilkan keputusan yang tepat. Sangat tepat Rasulullah shalallahu alaihi wa sallam menyuruh sahabatnya untuk berlatih memanah.

Berenang

علّموا أولادكم الرماية وركوب الخيل والسّحابة

“Ajarilah anak-anak kalian memanah, menunggang kuda, dan berenang.’’

[hadits mauquf dari umar bin khatab]

Berenang juga termasuk olahraga yang anjurkan oleh Rasulullah bagi setiap generasi muslim termasuk kita. Medan air yang kita lewati menuntut kita untuk terus bergerak atau memanipulasi kondisi tubuh dan pernapasan. Hal itu karena berdiam diri di air dapat menimbulkan bahaya karena air bukan tempat hidup kita.

Saat bergerak di dalam air, sistem respirasi kita diuji agar tetap terjaga sehingga kita dapat bertahan di air meski terus bergerak. Tidak hanya itu, semua otot dalam tubuh ikut bergerak, menuntut kita menjaga energi dengan tetap tenang dan menjaga gerak jantung agar tidak terlalu cepat karena kelelahan.

Berlari

Saat dalam perjalanaan Rasulullah pernah melakukan lomba lari bersama istrinya (ummul mukminin ‘aisyah radiallahu anha). keduanya melakukan lomba lari dan menang secara bergantian.

Berlari merupakan salah satu jenis olahraga atletik. Bahkan, mungkin berlari adalah olahraga pertama yang dilakukan manusia untuk bertahan hidup, menyelamatkan dirinya dari bahaya, dan mengejar hewan buruan untuk di jadikan makanan. Berlari adalah simbol yang mengejawantahkan kecepatan dan kekuatan fisik, melepaskan emosi dalam bentuk sehat, merangsang sistem ekskresi keringat, melatih sistem respirasi, dan mengundang segudang manfaat lainnya.

Menurut penelitian berlari selama 40 menit dapat menurunkan sekitar 30 – 40 % resiko penyakit jantung, paru paru, dan lain lainnya.

Selain berlari, aktivitas mengistirahatkan tubuh secara disiplin pada waktu tertentu, membersihkan tubuh, mengonsumsi makanan yang halal dan sehat, bahkan menjaga perasaan juga termasuk kebiasaan yang dicontohkan Rasulullah untuk menyehatkan tubuh.

Rasulullah shalallahu alaihi wa sallam mencontohkan, sebaik baiknya aktivitas agar umatnya terbentuk menjadi

generasi – generasi yang kuat, tangguh, serta sehat lahir dan batin. Semoga kita termasuk umatnya yang taat, sehat, dan kuat, sebagaimana yang beliau harapkan. Di saat dunia belum mengerti pentingnya berolahraga, di saat dunia belum mengerti cara menjaga diri dari berbagai unsur berbahaya dari luar, di saat dunia belum mengerti pentingnya mandi, di saat dunia belum mengenal yang namanya pola tidur yang teratur, Rasulullah adalah orang yang pertama mengetahui hal tersebut dan beliau juga yang pertama kali mengajarkan akan pentingnya hal tersebut kepada para sahabat, kemudian para tabiin, lalu tabiut tabiin, hingga sampai kepada kita ilmu yang memiliki makna.

Tidur Sesuai Sunnah

  1. Tidur siang atau Power Nap

Para ahli menyebut tidur siang dengan power nap. Rasulullah menyebut tidur siang dengan qailullah.

Manfaat dari tidur siang sangatlah banyak. Ternyata, beristirahat selama beberapa menit dalam keadaan mengantuk, khususnya siang hari memberi kekuatan dan kesempatan bagi tubuh untuk memperbaiki dan me-reset ulang sistem tubuh.

Saat mengantuk, itulah tandanya tubuh kita butuh perbaikan. Dengan tidur sebentar, kita akan mendapatkan keseimbangan tubuh yang sempurna. Tidur siang yang baru baru ini di teliti oleh para ahli ternyata telah dianjurkan oleh Rasulullah sejak 1400 tahun yang lalu.

Tidur siang yang baik adalah tidur setelah sholat zhuhur dengan merbahkan badan secara rileks.

  1. Tidur di malam hari dalam keadaan gelap.

Ketika gelap, sebenarnya ada hormon yang di keluarkan oleh kelenjar hipofisis yang bernama melotin. Ternyata, malam yang di ciptakan Allah untuk beristirahat merupakan cara tubuh kita untuk memperbaiki tubuh dengan mengeluarkan melotin. Jangan merubah pola tidur dengan mengubah siang menjadi malam karena kerja hormon itu berbeda-beda. Itulah sebabnya Allah menciptakan malam sebagai penutup untuk kita. Penutup atau pakaian ini, malam dijadikan Allah sebagai waktu bagi tubuh tubuh kita untuk berbenah.

Rasulullah selalu tidur tepat waktu. Kualitas tidur Rasulullah sangat baik. Beliau memahami pembuluh-pembuluh darah di wajah sangat dekat dengan permukaan kulit. Oleh karena itu, beliau selalu beranjak ketempat tidur dengan tepat dan dibersihkan dahulu dengan wudhu. Air yang bersih dan jernih dapat melancarkan peredaran darah.

Peredaran darah yang lancar menghasilkan warna kulit yang sehat. Wajar jika wajah Rasulullah selalu mengeluarkan aura berwibawa. Wajah beliau juga selalu ceria dengan kulit yang bersih walaupun tidak menggunakan pembersih kulit. Tidur menghadap ke kanan juga dapat melancarkan peredaran darah di jantung. Karena, ketika kita miring ke arah kanan kita memberi ruang untuk jantung memompa darah, dan paru paru untuk menghirup oksigen.

Ketahuilah, Tidur itu bagai kematian dan bangun dari tidur adalah kebangkitan. Mungkin saja tuhan mencabut nyawamu pada malam tidurmu, Jadi sambutlah kematian dan kebangkitan dengan bersuci (berwudhu).

 

Muhammad Adji Pratama

Daftar Pustaka:

dr Zaidul Akbar. 2020. Jurus Sehat Rasulullah. Bandung : PT Sygma Media Inovasi

 

BACA JUGA :

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.