Shalat Wanita di Rumahnya Lebih Utama Daripada Shalatnya di Masjid

Shalat Wanita di Rumahnya Lebih Utama Daripada Shalatnya di Masjid

Shalat Wanita di Rumahnya Lebih Utama daripada Shalatnya di Masjid

SOAL

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Ustadz, saya bermaksud bertanya.

Saya pernah mendengar, bahwa wanita ketika salat yang utama adalah di rumah. Kalau dia salat dirumah, namun sendirian, apa dapat pahala 27 kali lipat?

Umar, BK 14, OKU Timur, Sumsel

JAWABAN

Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh.

Bismillah. Alhamdulillah washshalatu wassalam ‘ala Rasulillah.

Shalat wanita di rumahnya lebih baik dan lebih utama daripada shalat-nya di masjid. Shalat-nya di ruangan yang lebih tertutup lebih baik daripada shalat-nya di ruangan yang lebih terbuka. Hal ini pernah ditanyakan oleh seorang shahabiyah kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam.

عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ سُوَيْدٍ الأَنْصَارِيِّ ، عَنْ عَمَّتِهِ أُمِّ حُمَيْدٍ امْرَأَةِ أَبِي حُمَيْدٍ السَّاعِدِيِّ ، أَنَّهَا جَاءَتِ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَتْ : يَا رَسُولَ اللهِ ، إِنِّي أُحِبُّ الصَّلاَةَ مَعَكَ ، قَالَ : قَدْ عَلِمْتُ أَنَّكِ تُحِبِّينَ الصَّلاَةَ مَعِي ، وَصَلاَتُكِ فِي بَيْتِكِ خَيْرٌ لَكِ مِنْ صَلاَتِكِ فِي حُجْرَتِكِ ، وَصَلاَتُكِ فِي حُجْرَتِكِ خَيْرٌ مِنْ صَلاَتِكِ فِي دَارِكِ ، وَصَلاَتُكِ فِي دَارِكِ خَيْرٌ لَكِ مِنْ صَلاَتِكِ فِي مَسْجِدِ قَوْمِكِ ، وَصَلاَتُكِ فِي مَسْجِدِ قَوْمِكِ خَيْرٌ لَكِ مِنْ صَلاَتِكِ فِي مَسْجِدِي ، قَالَ : فَأَمَرَتْ فَبُنِيَ لَهَا مَسْجِدٌ فِي أَقْصَى شَيْءٍ مِنْ بَيْتِهَا وَأَظْلَمِهِ ، فَكَانَتْ تُصَلِّي فِيهِ حَتَّى لَقِيَتِ اللَّهَ عَزَّ وَجَلَّ.

Diriwayatkan dari ‘Abdullah bin Suwaid Al-Anshari dari bibinya, (yaitu) Ummu Humaid, istri dari Abu Humaid As-Sa’idi radhiallahu ‘anhuma, bahwasanya beliau mendatangi Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dan berkata, “Ya Rasulullah, sesungguhnya saya suka shalat bersamamu.” Beliau pun menjawab, “Sungguh saya tahu jika engkau suka shalat bersamaku, tetapi shalat-mu di rumahmu (maksudnya di kamarmu), itu lebih baik daripada shalat-mu di ruang tengahmu. Shalat-mu di ruang tengahmu lebih baik daripada shalat-mu di ruang bagian depan rumahmu. Shalat-mu di ruang bagian depanmu lebih baik daripada shalat-mu di masjid kaummu. Shalat-mu di masjid kaummu lebih baik daripada shalat di masjidku.” Beliau (‘Abdullah bin Suwaid) mengatakan, “Kemudian beliau (Ummu Humaid) pun meminta untuk dibangunkan masjid di ujung rumahnya di tempat yang paling gelap. Kemudian beliau shalat di sana sampai bertemu dengan Allah ‘azza wa jalla (wafat).”[1]

Apakah wanita yang shalat di rumahnya juga mendapatkan 27 kali lipat sebagaimana lelaki yang shalat berjamaah di masjid?

Allahu a’lam, penyebutkan akan mendapatkan 27 kali lipat, membutuhkan dalil, dan kita belum mendapatkannya. Tetapi yang jelas kita bisa memahami dengan dalil di atas bahwa shalat wanita di rumahnya lebih baik daripada shalat-nya di masjid bersama jamaah.

Wallahu a’lam bishhawab. Billahittaufiq.

Dijawab oleh:

Ust. Said Yai Ardiansyah, M.A.

  • Direktur Ponpes Darul-Qur’an Wal-Hadits OKU Timur
  • Ketua Yayasan Kunci Kebaikan OKU Timur
  • S1 Alumnus Universitas Islam Madinah, KSA
  • Ustadz Pembina Komunitas Pengusaha Muslim Indonesia Korwil Palembang dan OKU

[1] HR Ahmad no. 27090, Ibnu Khuzaimah dalam Shahih-nya no. 1689, Ibnu Hibban dalam Shahih-nya (Bitartib Ibni Balaban) no. 2217. Syaikh Syu’aib mengatakan hadits ini hasan dalam Ta’liq Al-Musnad dan Syaikh Albani menyatakan bahwa hadits ini hasan lighairi dalan Shahih At-Targhib no. 340.

Baca juga artikel:

Terbelakang Dengan Tumbal dan Sesaji

Jangan Membuat Bahaya

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.