MENYEMARAKKAN RUMAH DENGAN BACAAN AL-QUR’AN

Adakah kebutuhan manusia yang melebihi kebutuhan makan dan minum ?Jawabnya, ada. Yaitu kebutuhan manusia terhadap petunjuk Allah (al-qur’an) untuk membaca, memahami dan mengamalkan kandungannya. Al-qur’an adalah pedoman hidup untuk kebahagiaan manusia dunia dan akhirat, petunjuk kepada jalan yang lurus, obat bagi penyakit hati,penyubur keimanan dan fungsi-fungsi kebaikan lain yang dibutuhkan oleh manusia untuk kebahagiaan hidup mereka, dan ini jelas lebih dari fungsi makanan dan minuman bagi manusia. Coba renungkan makna firman-firman Allah berikut :

وَنُنَزِّلُ مِنَ الْقُرْءَانِ مَا هُوَ شِفَآءٌ وَرَحْمَةٌ لِّلْمُؤْمِنِيْنَ

“Dan kami turunkan di dalam Al-qur’an suatu yang menjadi obat (penyakit manusia) dan rahmat bagi orang-orang yang beriman (QS. Al-Isra’ :82).

Firman Allah :

الَّذِيْنَ ءَامَنُوْا وَتَطْمَئِنَّ قُلُوبُهُمْ بِذِكْرِ اللهِ أَلاَبِذِكْرِاللهِ تَطْمَئِنَّ الْقُلُوبُ

“ Orang-orang yang beriman dan hati-hati mereka menjadi tenteram dengan (membaca) petunjuk Allah (al-qur’an). Ingatlah,hanya dengan (membaca) petunjuk Allah (al-qur’an) hati menjadi tenteram.”(QS. Ar-Ra’du:28)

Artinya: dengan membaca dan merenungkan al-qur’an, segala kegalauan dan kegundahan dalam hati mereka akan hilang dan berganti dengan kegembiraan serta kesenangan. Bahkan tiada sesuatu pun yang lebih besar mendatangkan ketenteraman dan kebahagiaan bagi hati manusia melebihi bacaan al-Qur’an. Dalam ayat lain Allah berfirman : “Maka jika datang kepadamu petunjuk  daripada-Ku (wahai manusia), lalu barangsiapa yang mengikuti petunjuk-Ku, niscaya dia tidak akan sesat dan tidak akan celaka.”(Qs. Thaha :123)

Ibnu Abbas berkata : “Allah memberikan jaminan bagi orang yang membaca al-Qur’an dan mengamalkan kandungannya, bahwa dia tidak akan tersesat di dunia dan tidak akan celaka di akhirat (kelak).”

Oleh karena itu, ketika menggambarkan besarnya kebutuhan manusia terhadap petunjuk Allah dalam al-Qur’an, yang ini melebihi kebutuhan mereka terhadap makan dan minum. Imam Ahmad bin Hanbal berkata. “Manusia butuh kepada ilmu (petunjuk Allah dalam al-Qur’an) melebihi kebutuhan mereka kepada makan dan minum, karena makan dan minum dibutuhkan (oleh manusia) dalam sehari sekali atau dua kali,sedangkan ilmu (petunjuk Allah dalam al-Qur’an) dibutuhkan sesuai dengan hitungan (tarikan) napas (dibutuhkan setiap saat).”

MANFAAT TILAWAH AL-QUR’AN BAGI RUMAH :

Rasulullah bersabda, “ perumpamaan rumah yang disebut nama Allah di dalamnya dan rumah yang tidak disebut nama Allah di dalamnya adalah seperti perumpamaan orang yang hidup dan orang yang mati.”

Imam an-Nawawi berkata, “Dalam hadits ini terdapat anjuran untuk (banyak) berzikir kepada Allah (termasuk membaca al-Qur’an dan dzikir-dzikir lainnya) di rumah dan hendaknya rumah jangan dikosongkan dari berdzikir (kepada-Nya).”

Hadits yang mulia di atas menunjukkan bahwa rumah yang selalu di semarakkan dengan bacaan al-Qur’an dan dzikir akan selalu hidup dan bercahaya, serta menjadi motivasi bagi para penghuninya untuk giat melakukan ketaatan kepada Allah karena itu, Allah menjelaskan fungsi diturunkannya al-Qur’an kepada manusia,yaitu sebagai pemberi kehidupan bagi hati manusia dan sumber cahaya yang menerangi hidupnya. Allah berfirman yang artinya:

“Dan demikianlah kami wahyukan kepadamu ruh (al-Qur’an) dari peintah kami. Sebelumnya kamu tidaklah mengetahui apakah al-kitab (al-Qur’an) dan tidak pula mengetahui apakah iman itu,tetapi kami menjadikan al-Qur’an itu sebagai cahaya, yang kami tunjuki dengannya siapa yang kami kehendaki di antara hamba-hamba kami. (QS. Asy-Syura:52).

Ketika menafsirkan ayat ini, syaikh as-Sa’di berkata,” Inilah (fungsi) al-Qur’an yang mulia, Allah menyebutkan sebagai ruh karena ruh yang menjadikan tubuh manusia hidp. (Demikian) pula al-Qur’an yang menjadikan hati dan jiwa manusia hidup, sehingga hiduplah (terwujudlah) dengan al-Qur’an semua kebaikan (dalan urusan) dunia dan agama, karena di dalamnya banyak kebaikan dan ilmu yang luas.

MENGUSIR SETAN DARI RUMAH

Diantara manfaat besar bacaan al-Qur’an di rumah adalah untuk mengusir setan,musuh utama yang selalu mengajak manusia berbuat buruk.(QS. Fathir:6)

Dalam sebuah hadits shahih, Rasulullah bersabda, “Janganlah kamu menjadikan rumahmu (seperti) kuburan (dengan tidak pernah mengerjakan shalat dan membaca al-Qur’an didalamnya). Sesunggunya setan akan lari dari rumah yang dibaca di dalamnya surat al-Baqarah.

Dalam lafazh riwayat at-Tirmidzi,”….Sesungguhnya setan tidak akan masuk ke rumah yang dibaca di dalamnya surat al-Baqarah.

Manfaat ini sungguh sangat besar, karena bagaimana mungkin akan terwujud kebaikan dan kebahagiaan dalam rumah yang dipenuhi setan, sebagai akibat tidak disemarakkan bacaan al-Qur’an di dalamnya?! Padahal sifat setan ialah selalu menyuruh kita berbuat jahat dan keji, dan mengatakan tentang Allah apa yang tidak kita ketahui. (QS. Al-Baqarah:169)

Karena itu, Rasulullah mengajarkan petunjuk kebaikan kepada umatnya yang berkenaan dengan rumah, selain membaca surat al-Baqarah, untuk mengusir setan darinya, karena keburukan yang timbul dari godaannya. Misalnya dzikir ketika masuk rumah, Rasulullah bersabda, “Jika seseorang masuk ke dalam rumahnya dan menyebut (nama) Allah ketika masuk dan ketika makan (maka pada waktu itu) setan berkata (kepada teman-temannya), “Tidak ada tempat menginap dan makanan bagi kalian. ‘Tapi jika dia masuk (rumahnya) dan tidak menyebut (nama) Allah ketika masuk , maka setan berkata, ‘Kalian mendapat tempat menginap . ‘Dan jika tidak menyebut (nama) Allah ketika makan maka setan berkata, ‘Kalian mendapat tempat menginap dan makanan.”

PEMIMPIN KELUARGA MEMOTIVASI KELUARGANYA UNTUK GEMAR MEMBACA AL-QUR’AN

Seorang pemimpin keluarga wajib mengajak anggota keluarganya mengerjakan kebaikan dan ketaatan kepada Allah, terutama ketika mereka di rumah, termasuk yang paling utama adalah memotivasi mereka untuk gemar dan tekun membaca al-Qur’an di rumah. Allah mengingatkan kewajiban ini dalam firmanNya,

يَأَيُهَا الَّذِيْنَ ءَامَنُوا قُوآ أَنْفُسَكُمْ وَأَهْلِيكُمْ نَارًا وَقُودُهَا النَّاسُ وَالْحِجَرَةُ

“Hai orang-orang yang beriman,peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu.”(QS. At-Tahrim)

Ali bin Abi Thalib ketika menafsirkan ayat di atas, berkata “(maknanya) ajarkanlah kebaikan untuk dirimu dan keluargamu.”

Rasulullah juga pernah bersabda kepada Malik bin al-Huwairits dan kaumnya saat mengunjungi Rasulullah selama dua puluh hari untuk mempelajari al-Qur’an dan sunnah beliau, “Pulanglah kepada keluargamu, tinggallah bersama mereka dan ajarkanlah (petunjuk Allah/al-Qur’an) kepada mereka.”

Sebagian ulama salaf ada yang mempraktikkan ini dengan mentalqinkan al-Qur’an (mendikte orang lain dengan membacakan al-Qur’an secara langsung agar diikuti) kepada anaknya dari ayat pertama sampai terakhir, sebagaimana yang dilakukan oleh Imam Ahmad bin Hanbal. Putra beliau yang bernama Abdullah berkata, “Bapakku (Imam Ahmad) telah mentalqinkan al-Qur’an seluruhnya kepadaku dengan keinginan beliau sendiri.”

CARA PRAKTIS MENGAJAK KELUARGA AGAR SEMANGAT MEMBACA  DAN MENGHAFAL AL-QUR’AN

  1. Menjelaskan keutamaan membaca dan menghafal al-Qur’an yang disebutkan dalam hadits-hadits yang shahih, karena sebaik-baik nasihat untuk memotivasi adalah nasehat al-Qur’an dan sunnah Rasulullahصلىاللهعليهوسلم . misal sabda Rasulullah, “Orang yang paling baik (di sisi Allah) di antara kamu adalah orang yang mempelajari dan mengajarkan al-Qur’an. Dan sabda beliau صلىاللهعليهوسلم , “(Pada hari kiamat nanti ) dikatakan kepada orang yang tekun membaca al-Qur’an (sewaktu di dunia ), ‘(Bacalah al-Qur’an), naiklah (ke tingkatan surga yang lebih tinggi), dan bacalah dengan perlahan-lahan sebagaimana (Dulu) kamu membacanya didunia, karena sesungguhnya kedudukan/tempatmu (di surga nanti) sesuai dengan ayat terakhir yang engkau baca (sewaktu di dunia). Dan masih banyak yang lainnya.
  2. Mentalqin/menuntun mereka secara langsung dengan membacakan ayat al-Qur’an kemudian mereka mengikutinya, sebagaimana yang dilakukan oleh Imam Ahmad. Cara ini sangat mudah dan disukai, terutama oleh anak-anak.
  3. Memotivasi dengan memberi hadiah bagi anggota keluarga yang membaca atau menghafal al-Qur’an. Ini diperbolehkan dan di lakukan oleh sebagian ulama salaf terhadap anak-anak mereka. Imam al-khatib al-Bagdadi menukil ucapan seorang ulama salaf dari generasi atba’ut tabi’in,ibrahim bin Adham, beliau berkata,”Bapakku berkata kepadaku, ‘Nak,tuntutlah (ilmu) hadits,setiap kali kamu mendengar sebuah hadits dan menghafalnya maka untukmu (uang) satu dirham. Aku pun menuntut (ilmu) hadits karena motivasi tersebut.
  4. Mengadakan perlombaan di antara anggota keluarga untuk membaca/menghafal surat-surat tertentu dalam al-Qur’an dan memberi hadiah kepada anggota yang bacaan dan hafalannya benar.

Disalin oleh  : Ustadz Asandry

Penerbit              : Lajnah Dakwah Ma’had al-Furqon al-Islami

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.