BEBERAPA GAMBARAN MENGENAI QIYAMUL LAIL-Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam adalah orang yang mengetahui Rabbnya ‘azza wajalla, paling bertakwa kepada-Nya, dan paling mencintai-Nya. Oleh karena itu, beliau memanfaatkan setiap kesempatan yang diberikan kepada beliau untuk berkhalwat dengan Dzat yang beliau cintai, beribadah kepada Dzat yang menciptakannya, dan bersyukur kepada Dzat yang telah mengutamakan beliau di antara seluruh umat manusia dan menjadikan beliau sebagai pemimpin para rasul.
Kondisi Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam Di Malam Hari
Apabila malam tiba dan menutupkan tirainya, beliau menuju Tuhannya ‘azza wajalla, beliau bermunajat dan berdoa kepada-Nya, menundukkan diri di hadapan-Nya, dalam keadaan berdiri, duduk, dan sujud, hingga malam hampir tersingkap dan beliau tidak merasa lama dalam melakukan qiyamul lail, bagaimana beliau merasakan hal itu, padahal beliau sedang berkhalwat dengan Allah ta’ala, berkhalwat dengan Raja para raja, berkhalwat dengan Dzat yang di tangan-Nyalah kerajaan langit dan bumi dan Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu, berkhalwat dengan Dzat yang beliau cintai, Dzat yang dengan-Nya beliau merasa tentram, beliau menghadap kepada-Nya dengan hati, jasad, dan roh beliau. Ya Allah, anugerahilah kepada kami qiyamul lail, kenikmatan beribadah, dan melihat wajah-Mu yang mulia.
Abdullah bin Rawahah radhiyallahu’anhu berkata dalam menggambarkan Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam di waktu malam:
يبيت يجافي جنبه عن فراشه, إذا استثقلت بالمشركين المضاجع
Artinya: “Beliau melewati malam dalam keadaan menjauhkan lambung beliau dari tempat tidur beliau….
Manakala orang-orang musyrik terlelap tidur di tempat lain.”
Beberapa Gambaran Kesungguhan Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam Dalam Melakukan Qiyamullail
Dari Al-Mughirah bin Syu’bah radhiyallahu ‘anhu, bahwa Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam shalat sampai kedua telapak kaki beliau bengkak, lalu ada yang berkata kepada beliau, “Apakah engkau melakukan hal ini padahal Allah telah mengampuni dosamu yang telah lalu dan yang akan datang?” maka Beliau bersabda,
أفلا أكون عبدا شكورا؟
Artinya: “Tidakkah patutnya aku menjadi hamba yang bersyukur?” (Muttafaq Alaihi)
Dari Aisyah radhiyallahu’anha dia berkata, “Apabila Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam shalat, beliau berdiri sampai kedua telapak kaki beliau pecah-pecah, maka Aisyah berkata, ‘Mengapa kau melakukan hal ini padahal Allah telah mengampunimu dosamu yang telah lalu dan yang akan datang?’ Beliau bersabda,
أفلا أكون عبدا شكورا؟
Artinya: ‘Tidakkah patutnya aku menjadi hamba yang bersyukur?’ (HR. Muslim)
Dari Abu Hurairah radhiyallahu’anhu, dia berkata,
كان رسول الله صلّى الله عليه وسلّم يُصلّي حتّى تزلع قدماه, يعني تشقّق قدماه
Artinya: “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam shalat sampai kedua telapak kaki beliau rusak, yakni kedua telapak kaki beliau pecah-pecah.” (Shahih, HR. Nasa’i dalam sunanul Kubro)
Ibnu Baththal Rahimahullah berkata, “Di dalam hadits ini terkandung dalil bolehnya seseorang bersikap tegas terhadap dirinya di dalam beribadah, walaupun hal itu membahayakan badannya, karena beliau shallallahu ‘alahi wasallam melakukan hal itu padahal beliau mengetahui apa yang telah diputuskan bagi beliau, lalu bagaimana orang yang tidak mengetahu hal itu, apalagi orang yang tidak merasa aman bahwa dia ada kemungkinan masuk neraka.”
Di Antara Gambaran Qiyamullail Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam
Adalah apa yang di riwayatkan dari Aisyah radhiyallahu’anha, dia berkata, “Pada suatu malam, aku kehilangan Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam di kasur, maka aku mencari beliau, ternyata aku menyentuh kedua telapak kaki beliau pada saat beliau sujud, kedua telapak kaki beliau tegak, dan beliau Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda,
اللهمّ إنّي أعوذ بك برضاك من سخطك, وبمعافاتك من عقوبتك, وأعوذبك من منك, لا أحصي ثناءً عليك, أنت كما أثنيت على نفسك
Artinya: ‘ Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada keridhaan-Mu dari kemurkaan-Mu, dan kepada keafiatan-Mu dari hukuman-Mu, dan aku berlindung kepada-Mu dari-Mu, aku tidak dapat menghitung sanjungan untuk-Mu, sebagaimana Engkau menyanjung diri-Mu sendiri.” (HR. Abu Dawud dalam sunannya)
Dari Ibnu Abbas radhiyallahu’anhu, dia berkata,
بتّ بيت خالتي ميمونة بنت الحارث زوج النبيّ صلّى الله عليه وسلّم, وكان النيّ صلّى الله عليه وسلم عندها في ليلتها, فصلّى النبيُّ صلّى الله عليه وسلّم العشاء, ثمّ جاء إلى منزله, فصلّى أربع ركعات, ثمّ نام, ثمّ قام, ثمّ قال: نام الغليّم أو كلمة تشبهها, ثمّ قام فقمتُ عنْ يساره, فجعلني عنْ يمينِهِ, فصلّى خمس ركعات ثمّ صلّى ركعتين, ثمّ نام حتّى سمعت غطيطه– أو خطيطه- ثمّ خرج إلى الصلاة
Artinya: “Aku menginap dirumah bibiku, Maimunah binti Al-Harits, Istri Nabi shallallahu ‘alaiwi wasallam, dan pada saat itu Nabi sedang berada di sisinya dimalam gilirannya, maka beliau melaksanakan shalat Isya, kemudian datang kerumah beliau, lalu shalat empat rakaat, kemudian tidur, kemudian bangun, kemudian beiau bersabda, ‘anak itu tidur’. Atau kalimat yang serupa itu, kemudian beliau berdiri, maka aku berdiri disebelah kiri beliau, maka aku menjadikanku disebelah kanan beliau, beliau shalat lima rakaat, kemudian shalat dua rakaat, kemudian tidur hingga aku mendengar suara dengkuran atau suara nafas beliau ketika tidur, kemudia beliau beranjak untuk menunaikan shalat (subuh).” (Shahih, HR. Abu Dawud dalam sunannya)
Abu Dzar berkata, “Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam melakukan giyamullail dengann membaya satu ayat sampai pagi. Ayat tersebut adalah,
إنْ تعذّبهم فإنّهم عبادك وإنْ تغفر لهم فإنّك أنت العزيز الحكيم
Artinya: ‘Jika engkau menyiksa mereka, maka sesungguhnya mereka adalah hamba-hamba-Mu, dan jika engkau mengampuni mereka, sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Perkasa, Maha Bijaksana.’ (Al-Maidah: 118).”
Dari Anas bin Malik radhyallahu’anhu dia berkata,
كان رسول الله صلّى الله عليه وسلّم يُفطرُ من الشهر حتّى نظنّ أن لا يصوم منه, ويصوم حتّ نظنّ لا يفطر منه شيا, وكان لا تشاء أن تراه من اللّيل مصلّيا إلاّ رأيته ولا نائما إلاّرأيته
Artinya: “Terkadang Rasullullah shallallahu ‘alaihi wasallam tidak berpuasa di suatu bulan sampai kami menyangka bahwa beliau tidak akan pernah berpuasa (dibulan tersebut), dan terkadang beliau berpuasa (di suatu bulan) sampai kami menyangka bahwa beliau tidak akan berhenti berpuasa dibulan tersebut, dan tidaklah engkau ingin melihat beliau shalat dimalam hari melainkan engkau pasti melihatnya, dan tidaklah (engkau ingin melihat beliau) tidur dimalam hari melainkan engkau pasti melihatnya.” (Shahih, HR. Abu Dawud dalam sunannya)
Beberapa Gambaran Lamanya Qiyamullail Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam
Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam berdiri di dalam shalat beliau, dan manakala beliau ditanya, “Bagian apakah yang paling utama didalam shalat?” Beliau bersabda,
طول القيام
Artinya: “Berdiri lama” (Shahih, HR. Abu Dawud dalam sunannya)
Dalam satu riwayat Shahih Muslim, Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,
طول القنوت
Artinya: “Qunut yang lama” (HR. Muslim dalam shahihnya)
Dari Hudzaifah radhyallahu’anhu dia berkata, “Pada suatu malam, aku shalat bersama Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam, beliau membuka bacaan beliau dengan membaca surat al-Baqarah. Aku berkata (dalam hati) ‘Beliau akan membaca seratus ayat, kemudian beliau akan rukuk.’ manakala beliau melampauinya, aku berkata, ‘Beliau akan mengkhatamkannya dalam dua rakaat.’ Manakala beliau sampai pada kata, ‘Manusia’ aku berkata, ‘Beliau akan mengkhatamkannya dalam satu rakaat.’ Manakala beliau selesai mengkhatamkannya, beliau mulai membaca surat Ali-Imran, tidaklah beliau melewati ayat yang menyebutkan tasbih, takbir, tahlil, surga, dan neraka melainkan beliau diam lalu memohon atau berlindung, kemudian beliau rukuk, lalu beliau mengucapkan saat beliau rukuk, “Maha Suci Rabbku Yang Maha Agung” sepanjang waktu beliau berdiri atau lebih panjang dari itu, kemudian beliau mengucapkan, ‘Allah mendengar Orang yang memuji-Nya.’Beliau berdiri lama , kemudian sujud, beliau mengucapkan saat sujud, ‘Maha Suci Rabbku Yang Maha Tinggi.” (HR. Muslim)
Dari Abdullah bin Mas’ud radhiyallahu’anhu dia berkata:
صلّيت مع رسول الله صلّى الله عليه وسلّم فأطال حتّى هممت بأمر سوء, قيل: وما هممت به؟ قال: هممت أن أجلس وأدعه
Artinya: “Aku shalat bersama Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam beliau memperlama shalat beliau sampai aku berniat melakukan sesuatu yang buruk.” Ada yang bertanya, “Memangnya apa yang engkau niatkan?” Beliau menjawab, “Aku berniat duduk dan meninggalkan beliau.” (HR. Muslim)
Dan riwayat-riwayat lainnya yang diriwayatkan dari Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam yang menceritakan qiyamullail, tahajjud, membaca al-Quran, dan perbuatan beliau menghidupkan malam dengan menunaikan shalat.
Faedah-Faedah Qiyamullail
Di antara faedah-faedah qiyamullail adalah sebagai berikut:
Faedah Pertama:
Bahwa manusia, apabila dia bangun untuk shalat tahajjud karena Allah subhanahu wata’ala, maka dia akan mudah untuk berdiri pada hari berdirinya manusia untuk menghadap Rabb semesta alam, sedangkan orang yang berleha-leha dan menghabiskan hari-harinya dengan menganggur, maka dia akan lelah disana (di akhirat), sementara orang yang lelah disini (di dunia), maka dia akan mendapatkan ketenangan, kebahagiaan, dan kenikmatan sehingga dia bisa beristirahat dengan nyaman disana (di akhirat).
Faedah Kedua:
Bahwa laki-laki yang sering melakukan qiyamullail, Allah akan membalasnya pada hari kiamat dengan memberinya istri yang banyak dari kalangan bidadari, karena balasan itu sesuai dengan amalnya.
Faedah Ketiga:
Sehatnya jasmani, dan bahwa seseorang, apabila dia bangun di malam hari, Allah akan menyinari wajahnya dengan keindahan, cahaya, dan keceriaan.
Faedah Keempat:
Bahwa kemudahan, taufik, dan bimbingannya manusia kepada perkara yang paling baik terjadi apabila manusia melaksanakan hak-hak Tuhannya, maka Allah membimbingnya menuju jalan-jalan kebaikan dari arah yang tidak disangka-sangkanya, dan faedah-faedah, buah-buah, dan hadiah-hadiah datang di kegelapan malam. Karena itu, apabila sesuatu samar bagi seseorang, lalu dia bangun di kegelapan malam, maka Allah akan membukakan ilmu baginya.
Faedah Kelima:
Dan ini adalah faedah yang paling agung dan paling besar, yaitu melihat Allah subhanahu wata’ala, seandainya orang-orang yang beribadah mengetahui nahwa mereka tidak akan melihat Rabb mereka pada hari kiamat, niscaya mereka berputus asa, sebagaimana dikatakan oleh al-Hasan.
“Hendaklah kalian melakukan qiyamullail, karena ia adalah kebiasaan orang-orang sebelum kalian, pendekatan diri kepada Allah, pencegah dosa, penggugur keburukan-keburukan, dan pengusir penyakit dari tubuh.” (Shahih al-Jami’ no.4079)
Hal ini telah diisyaratkan oleh dr. Sumair Ismail al-Hulw dalam bukunya, al-Lail: Naumuhu wa Qiyamuhu, dimana beliau berkata, “Qiyamullail memberimu tekad dan semangat, dan memalingkan darimu penyakit punggung dan rasa sakit padanya dikehidupan mu yang mendatang, dimana telah dibuktikan oleh salah satu penelitian medis bahwa orang-orang yang berusia lanjut yang melakukan qiyamullail menikmati tingkat yang paling tinggi berkaitan dengan tulang punggung mereka dibandingkan dengan orang-orang yang tidak melakukan qiyamullail, sebagaimana qiyamullail dipandang sebagai perlindungan dari penyakit arteriosklerosis yang menyebabkan angina pektoris, serangan jantung dan stroke, karena orang yang bangun dimalam harimemutus frekuensi tidur dan masa diamnya yang panjang yang mengakibatkan munculnya penyakit arteriosklorosis.
Maka dari itu sebisa mungkin kita untuk bisa menghidupkan malam-malam yang indah kita dengan qiyamullail.
Wallahu a’lam bishowaab.
REFERENSI:
Di Ringkas oleh : Yasmin Yuni Azrah
Sumber : Buku Air Mata di Ujung Malam (sebuah potret ibadah malam Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam dan salafus shalih) penulis Abu ‘Abdillah Muhammad bin Su’ud bin Muhammad Al-’Arifi
Baca juga artikel:
Leave a Reply