Pondok Pesantren Darul Qur'an Wal-Hadits Martapura OKU

PENILAIAN AKHIR SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2021/2022

PAS

Pondok Pesantren Darul Qur’an wal Hadist OKU Timur PKBM Miftahul Khoir melaksanakan Penilaian Akhir Semester (PAS) semester pertama tahun pelajaran 2021/2022 mulai dengan hari rabu tanggal 8 Desember 2021 sampai dengan hari sabtu tanggal 18 Desember 2021. Jadwal pelaksanaan penilaian akhir semester ini sesuai dengan Kalender Pendidikan Pondok Pesantren Darul Qur’an wal Hadist OKU Timur tahun pelajaran 2021/2022.

Penilaian akhir semester yang pertama ini bertujuan untuk memberikan evaluasi dari hasil belajar siswa yang meliputi pengetahuan dan keterampilan santri dalam memahami pembelajaran, dan juga penilaian sikap santri. Hasil dari Penilaian Akhir Semester ini akan digunakan sebagai bahan refleksi baik bagi pengajar maupun santri agar terciptanya pembelajaran yang jauh lebih baik di semester selanjutnya.

Pelaksanaan penilaian akhir semester pertama ini cukup baik. Bahkan tidak ditemukan banyak permasalahan yang berarti. Jikapun ada permasalahan, langsung bisa diatasi dengan baik. Terlihat para ustadz dan pegawai yang tergabung dalam susunan kepanitian cukup kompak dan bekerja sama untuk mensukseskan pelaksanaan ujian. Sedangkan santri juga terlihat semangat dan antusias dalam menjalani ujian.

PAS

Hal ini sesuai dengan hasil wawancara dengan Ustadz Hatta, sabtu (11/12/2021). Beliau merupakan ketua PKBM Miftahul Khoir OKU Timur yang juga merupakan Ketua Panitia Pelaksanaan Penilaian Akhir Semester pertama tahun pelajaran 2021/2022.

“Alhamdulillah, pelaksanaan Penilaian Akhir Semester Pertama tahun ajaran 2021/2022 tahun ini cukup baik, baik dari panitia maupun pengawas telah berusaha semaksimal mungkin untuk melaksanakan tugas yang telah ditentukan. Para santri juga terlihat tertib sehingga hampir tidak ditemukan masalah berarti. Jikapun ada kesalahan tekhnis disana-sini langsung bisa diatasi atas izin Allah. Dan akan kami jadikan bahan evaluasi di pelaksanaan penilaian akhir semester kedua nanti.” Ujar Ustadz Hatta (11/12/2021).

Ustadz Riki Wazir yang merupakan salah ustadz yang bertugas sebagai pengawas pada pelaksanaan Penilaian Akhir Semester pertama ini bersyukur karena proses ujian berjalan dengan tertib dan lancar.

“Alhamdulillah, atas izin Allah proses pelaksanaan penilaian akhir semester pertama ini berjalan dengan tertib dan tidak ada kendala. Saya melihat para santri sudah benar-benar mempersiapkan diri dalam mengikuti ujian ini. Saya sebagai salah satu tim pengajar cukup bangga dengan mereka. Semoga mereka bisa menjadi anak yang sholeh, beriman bertaqwa dan berakhlak mulia. Aamiin.” Tutur Ustadz Riki (11/12/2021).

PAS

Para santri Pondok Pesantren Darul Qur’an wal Hadits OKU Timur memang benar-benar telah menyiapkan diri dalam mengahadapi Ujian. Mereka sudah belajar dan berdoa untuk istiqomah dalam belajar. Termasuk Muhammad Exsel Ruliando salah satu santri MTW 1 juga sangat siap dengan ujian yang dijalani.

“Alhamdulillah, saya memang sudah siap-siap sebelumnya, mulai dari berdoa, belajar, mempersiapkan segala sesuatu, istirahat, sarapan, peralatan ujian dan lain sebagainya. Saya tidak ingin ada yang mengganggu kosentrasi saya dalam menghadapi ujian semester ini. Namun masalah hasil saya bertawakal hanya kepada Allah.” Komentar Muhammad Exsel Ruliando saat dimintai keterangan (11/12/2021).

Semoga Pondok Pesantren Darul Qur’an wal Hadist OKU Timur semakin istiqomah dalam menyebarluaskan dakwah Islam yang haq. Dan semoga semakin banyak umat Islam yang menjalankan Islam berdasarkan Al-Qur’an dan Hadist ala fahmi salaf.

Baca jug artikel:

Karantina Hafalan Al-Qur’an

Tafsir Surah Al-Buruj

Be the first to comment

Ajukan Pertanyaan atau Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.