Dalil Shahih dan Keutamaan membaca surat Al-Waqiah dan Al-Mulk setiap hari

keutamaan surat al-mulk dan al-waqiah

Pertanyaan: Bismillah, ustadz saya mau tanya adakah dalil shahih yg memerintahkan untuk membaca surat almulk dan alwaqiah setiap harinya? atau adakah keutamaan khusus jika kita membacanya setiap harinya? syukran wa jazakumullahu khairan

(Joko, Klaten)

Jawaban:

@ Mengenai bacaan surat Al Waqiah – yang bisa di baca setiap hari (di waktu malam), haditsnya adalah lemah (dho’if), maka dari itu kita tidak mengamalkan bacaan surat ini setiap malam.

Inilah hadits dho’if tentang amalan surat Al waqi’ah;

مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْوَاقِعَةِ فِي كُلِّ لَيْلَةٍ لَمْ تُصِبْهُ فَاقَةٌ أَبَدًا

Artinya:
“Barangsiapa membaca surat al-Wâqi’ah setiap malam, maka dia tidak akan jatuh miskin selamanya”.

(Hadits Dhao’if, HR al-Hârits bin Abu Usâmah dalam kitab Musnad-nya, no. 178, dikeluarkan pula oleh Ibnu Sunniy dalam kitab Amalul Yaum wal Lailah, no. 674, hadits ini termasuk hadits dho’if sebagaimana dalam kitab “Silsilah Âhadits Dha’îfah”, 286 dan “Dha’îf al-Jâmi’ “, 5773).

@ Adapun Surat Al – Mulk, termasuk hadits shahih / hasan. Sehingga bisa kita amalkan (dengan di baca setiap malam).

yaitu berdasarkan hadits marfu’ dan mauquf ;

* Dari Nabi:

وعن ابن مسعود رضي الله عنه قال: قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: ” سورة تبارك هي المانعة من عذاب القبر ” أخرجه أبو الشيخ في ” طبقات المحدثين بأصبهان ” الورقة 133 وسنده حسن.

Artinya:
“Dan dari Ibnu Mas’ud Radhiyallahu Anhu berkata: Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda: “Surat Tabarok adalah Al-Mani’ah (penghalang/pelindung) dari siksa kubur”. (Hasan, HR Abu Syeikh dalam kitab Thabaqat Al-Muhadditsin bi-Asbahan (133) di hasankan oleh Syeikh Al-Arna’ut dalam hasyiyah “Shahih ibnu Hibban” (3/68) dan Syeikh Al-Albani dalam Silsilah As-Shahihah (3/131) no. (1139)).

* Dari perkataan Ibnu Mas’ud;

عن عبدِ اللهِ بنِ مسعودٍ قال: «من قرأ “تَبَارَكَ الَّذِي بِيَدِهِ الْمُلْكُ” كلَّ ليلةٍ؛ منعه اللهُ عز وجل بها من عذابِ القبرِ، وكنا في عهدِ رسولِ اللهِ نسميها المانعةَ، وإنها في كتابِ اللهِ عز وجل سورةٌ من قرأ بها في ليلةِ فقد أكثر وأطاب» (حسن). صحيح الترغيب برقم 1589.

Artinya:
” “Barang siapa yang membaca surat Tabarak setiap malam, Allah akan melindunginya dari siksa kubur, dan kami pada masa Rasulullah –shallallahu ‘alaihi wa sallam- menamakannya “Surat Pelindung/Penghalang”. Dan ia adalh termasuk surat dalam al Qur’an yang bagi siapa saja yang membacanya setiap malam, maka ia melakukan amalan baik dan banyak”. (Hasan, HR . Nasa’i dalam “Sunan Kubra” 10547, dan dalam “Amanl Yaum wal Lailah” 711, dan Abu Thahir al Mukhlis dalam “Al Mukhlashiyat” 228)

Hadits Ibnu Mas’ud diatas mauquf, akan tetapi di hukumi marfu’, sebagaimana di katakan oleh Syeikh Syu’aib Al Arna’ut, dll).

🍃Dijawab oleh Ustadz Lilik ibadurrahman hafizhahullah
Allahu a’lam bishshawab. Billahittaufiq.
===================

🔑Tanya Jawab ini di ambil dari Group WA  yang dibimbing oleh:
💧Ust. Said Yai, M.A
💧Ust. Lilik Ibadurrahman, S.Ud
💧Dan Asatidz Lainnya

Dengan meng-klik Link Berikut:
👉🏼🖊 Grup WA Khusus Ikhwan (Laki-laki) 2⃣
https://chat.whatsapp.com/AEu93jKRXOy5aIpVnW4UNm

👉🏼🖍 Grup WA Khusus Akhwat (Wanita)
https://chat.whatsapp.com/EkLUnuBKLu644AQDYfKvXT

♻ Jika bermanfaat silahkan disebarkan!

🏡 Yayasan Kunci Kebaikan OKU Timur

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*